Skip to main content

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA



Saya memiliki prinsip hidup “sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada.
Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) Al Jannah. Alhamdulillah, perkumpulan itu berhasil dibentuk sebagai wadah pemersatu remaja dalam menekuni bidang keagamaan. Saya pun dipilih oleh teman-teman untuk menjadi ketua IRMAS. Awal mulanya kami hanya beberapa orang, tetapi dengan kesabaran seluruh pengurus akhirnya kami berhasil mengumpulkan para remaja dari semua dusun. Setiap pengajian yang diadakan pun selalu ramai diikuti. Kami berharap dengan adanya perkumpulan ini, para remaja memiliki wadah untuk menimba ilmu agama dan terhindar dari berbagai hal negatif.
Ketika saya diberikan jalan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk berkuliah melalui program bidikmisi, saya selalu ingin berbagi, bermanfaat, dan berprestasi sebagai bentuk timbal balik terhadap negara. Saya pun ikut berbagai macam kegiatan organisasi dan kegiatan keilmiahan yang ada di kampus. Dalam kegiatan organisasi, saya pernah ditugaskan oleh kampus dalam acara silaturahim dan musyawarah nasional permadani diksi nasional. Acara tersebut dimaksudkan untuk membentuk wadah nasional para penerima bidikmisi. Kesempatan itu tentu tidak saya sia-siakan. Saya mengikuti seluruh rangkaian acara yang ada, hingga akhirnya kami berhasil membentuk dan merumuskan dasar-dasar organisasi yang menaungi mahasiswa dan alumni bidikmisi untuk ikut membangun bangsa ini.
Pengalaman yang lain yaitu saat saya dan teman-teman formadiksi berhasil menyelenggarakan acara bidikmisi mengajar dan mengabdi. Saat itu saya dipercaya sebagai koordinator bidikmisi mengajar. Kegiatan ini sebagai sarana berbagi ilmu terhadap siswa-siswa di daerah pelosok Malang dan anak-anak yang kurang beruntung di panti asuhan. Melalui organisasi ini pula, kami pernah melakukan pengabdian masyarakat dengan acara bakti desa. Kegiatan yang kami lakukan yaitu mengajar di sekolah dasar, menanam pohon, membantu kegiatan masyarakat, dan mempromosikan salah satu air terjun di desa itu.
Selain aktif di organisasi, saya juga ikut serta dalam kegiatan penelitian bersama dosen. Melalui penelitian ini saya ingin berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Waktu itu, kami meneliti tentang pendidikan karakter yaitu pengembangan kantin kejujuran. Hasil-hasil penelitian kemudian kami publikasikan dalam prosiding seminar nasional. Sementara itu, untuk sekolah-sekolah kami adakan sosialisasi dan pendampingan pelaksanaan kantin kejujuran. Dengan semakin banyak alternatif pengembangan pendidikan karakter, harapannya mutu ekosistem pendidikan, terutama dalam hal afektif semakin meningkat.
Sesuai dengan pengalaman di atas dan latar saya di bidang pendidikan, saya ingin terus berkontribusi untuk masyarakat terutama dalam pengembangan ilmu kependidikan dasar. Saya ingin mengembangkan sistem kurikulum dan pembelajaran di sekolah dasar yang mengarah pada pembentukan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa yang seimbang, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. Sehingga, output siswa sekolah dasar memiliki bekal yang matang dari segi pengetahuan dan keterampilan serta memiliki sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, Pancasila, dan sistem budaya. Dengan adanya kurikulum dan pembelajaran pendidikan dasar yang sesuai dengan konteks budaya dan dengan dukungan seluruh ekosistem pendidikan maka saya yakin Indonesia akan melahirkan sumber daya manusia yang unggul, yang mampu bersaing dengan negara lain.
Saya bermimpi suatu saat nanti, Indonesia menjadi negara yang terbaik dan menjadi rujukan dalam dunia pendidikan yang melahirkan bibit-bibit unggul penyangga kemajuan bangsa. Menjadi negara yang berdikari dalam segala sisi kehidupan. Untuk mendukung hal itu, saya bercita-cita sebagai dosen pada bidang pendidikan dasar. Dengan menjadi dosen saya dapat mendidik calon guru, melakukan berbagai penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat demi kemajuan bangsa. Dan bila Alloh menghendaki, suatu saat saya dapat menjadi salah satu pemimpin di kementerian pendidikan, agar dapat membuat kebijakan dalam pembangunan bidang pendidikan yang melahirkan generasi emas. Generasi yang manusianya disebut manusia paripurna.
Untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu, saya harus memiliki bekal yang mumpuni. Melalui beasiswa pendidikan Indonesia ini, saya yakin mimpi-mimpi itu akan terwujud satu demi satu dan saya dapat berkontribusi lebih untuk kejayaan Indonesia.


Best Regards
Nur Fidayat, S.Pd.
 

Comments

  1. Terima kasih ka sudah share, sangat bermanfaat. Sukses ka, semoga Allah meridhai setiap kegiatan kakak 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG LAPORAN PROGRAM KERJA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2014/2015 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Penanggungjawab                           Edo Prasetyo                             (FIK/ PKO/2012)                  M. Fauzan Ikramullah               (FIK/ PJK/2012) PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM) 2015 BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Senam aerobik banyak diminati oleh masyarakat sebagai alternatif   kegiatan olahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, menjaga kebugaran jasmani, meningkatkan kualitas hidup, dan lain sebagainya. Senam aerobik merupakan latihan yang menggabungkan berbagai gerak, berirama, teratur dan terarah serta pe

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli