Skip to main content

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG


SENAM SEHAT AEROBIK
UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG



LAPORAN PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang



Penanggungjawab
                          Edo Prasetyo                            (FIK/ PKO/2012)
                 M. Fauzan Ikramullah              (FIK/ PJK/2012)




PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Senam aerobik banyak diminati oleh masyarakat sebagai alternatif  kegiatan olahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, membentuk tubuh, menjaga kebugaran jasmani, meningkatkan kualitas hidup, dan lain sebagainya. Senam aerobik merupakan latihan yang menggabungkan berbagai gerak, berirama, teratur dan terarah serta pembawaannya yang menggembirakan arena didukung jenis musik yang riang. Berolahraga dengan musik terasa lebih mudah dan menyenangkan, rasa sakit dan lelah seolah hilang dan terlupakan, sebab pada dasarnya setiap manusia memiliki jiwa seni dan musik. Aerobik adalah sebuah cara yang terbaik untuk berlatih sebab senam aerobik dapat dilakukan secara sepontan atau dengan persiapan. Aman, efektif, menyenangkan, dan menawarkan berbagai macam bentuk tanpa menghiraukan tingkat pengalaman anda. Aerobik akan lebih menyenangkan jika anda menyisihkan sedikit waktu untuk bersiap-siap sebelum anda memulai. Senam aerobik merupakan latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dan metodis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi keseluruhan yang harmonis. Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Senam merupakan kegiatan fisik yang paling kaya struktur geraknya. Jika dilihat dari taksonomi gerak umum, senam dapat secara lengkap diwakili oleh gerak-gerak dasar yang membangun pola gerak yang lengkap, dari mulai pola gerak lokomotor, non-lokomotor sampai ke manipulative.
Senam aerobik adalah sebuah aktifitas yang menyenangkan dan mudah dilakukan. Senam aerobik merupakan latihan yang menggabungkan berbagai macam gerak, berirama, teratur dan terarah, serta pembawaannya yang riang. Senam aerobik mempunyai susunan latihan yang seimbang antara latihan upper body dan lower body, Untuk dapat menguasai gerakan yang seimbang diperlukan adanya berbagai keterampilan yang mendukung seperti kepekaan terhadap musik, kreatifitas gerak, kemampuan menggabungkan gerakan secara dinamis, dan harmonis serta beberapa pendukung materi yang lain. Dengan demikian senam aerobik adalah merupakan latihan yang menggerakkan seluruh otot, terutama otot besar dengan gerakan yang terus – menerus (continous), berirama, maju dan berkelanjutan. Gerakan dipilih yang mudah, menyenangkan dan bervariasi sehingga memungkinkan seseorang untuk melakukan secara teratur dalam kurun waktu yang lama.
Jika dilihat dari berbagai macam manfaat senam aerobik bagi kesehatan, dapat disimpulkan senam aerobik merupakan hal yang penting untuk menjaga kebugaran jasmani.  Namun dalam masyarakat desa  sukomulyo sangat jarang sekali melakukan kegiatan olahraga bagi ibu-ibu meskipun mereka banyak beraktivitas akan tetapi gerakannya yang tidak teratur dan terarah membuat tujuan untuk menjaga kebugaran jasmani tidak tercapai secara benar. Selain hal tersebut masyarakat tidak memiliki fasilitas seorang instruktur senam untuk membimbing gerakan-gerakan dalam sebuah rangkaian gerakan senam. Berdasarkan kondisi tersebut mahasiswa KKN desa sukomulyo perlu membuat program kerja tentang kegiatan senam aerobik bagi ibu-ibu PKK sebagai alternatif  kegiatan olahraga dengan tujuan untuk menjaga kebugaran jasmani.

B.  Tujuan dan Sasaran Program KKN
Program kerja yang dibuat oleh mahasiswa KKN UM  desa Sukomulyo salah satunya yaitu Senam Aerobik, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebugaran jasmani warga di Desa Sukomulyo. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi hiburan bagi warga sekitar karena kegiatannya cukup menyenangkan. Selain itu, senam ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa KKN UM dengan warga sekitar.
Senam ini ditujukan khususnya untuk ibu-ibu di Desa Sukomulyo tepatnya di dusun bakir. Ibu-ibu dipilih menjadi sasaran  kegiatan  ini karena, berdasarkan observasi yang telah dilakukan banyak ibu-ibu yang senang dan cukup antusias dengan diadakannya kegiatan senam ini. Selain itu, Ibu Lurah di desa Sukomulyo juga ikut mengusulkan diadakannya kegiatan senam ini.


C.  Hasil yang Akan Dicapai
Hasil yang diharapkan dalam program kerja senam aerobik ini yaitu dapat menjaga kebugaran jasmani ibu-ibu di desa Sukomulyo. Selain itu diharapkan setelah adanya kegiatan senam ini, ibu-ibu di desa Sukomulyo  dapat melanjutkan kegiatan senam yang sudah dijalani selama ini. Sehingga kegiatan senam untuk ibu-ibu ini dapat terus berlanjut walaupun tidak ada lagi mahasiswa KKN UM yang mengajari senam.

D.  Strategi Pelaksanaan Program KKN
1.      Tahap Pelaksanaan Program
Tahap – tahap yang perlu dilaksanakan dalam pelaksanaan program senam aerobik ini adalah sebagai berikut :
a)      Tahap Persiapan
1)      Sharing membahas penanggung jawab program dan mencatat perlengkapan yang diperlukan pada hari selasa, 12 Mei 2015.
2)      Observasi tentang kegiatan Olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani Desa Sukomulyo pada hari kamis, 14 Mei 2015.
3)      Koordinasi dengan perangkat desa pemerintahan Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tentang program Senam Aerobik pada hari kamis, 14 Mei 2015.
4)      Pemilihan sasaran kegiatan senam aerobik pada hari kamis, 14 Mei 2015.
5)      Pemilihan musik dan gerakan yang sesuai dengan warga yang ingin dilaksanakan pada hari jum’at, 15 Mei 2015.
6)      Semua anggota Mahasiswa KKN putri melakukan latihan senam aerobik dengan  M. Fauzan Ikramullah dan Edo Prasetyo pada hari selasa pagi tanggal 19 Mei 2015.
7)      Melaksanakan kegiatan senam aerobik setiap hari selasa dan jum’at mulai tanggal 19 Mei 2015.



b)      Tahap Pelaksanaan
Pelaksanaan kepada ibu-ibu PKK warga dusun Bakir Desa Sukomulyo dilaksanakan pada hari :(1) selasa dan Jumat/ 19 dan 22 Mei 2015
(2) Senin dan Jumat/ 25 dan 29 Mei 2015
(3) Selasa dan Jumat/ 2 dan 5 Juni 2015
(4) Selasa dan Jumat/ 9 dan 12 Juni 2015
1)      Bertempat di Balai Desa Sukomulyo.
2)      Mengantarkan undangan ke sasaran yang telah ditentukan pada hari Rabu, 20 Mei 2015
3)      Dokumentasi pelaksanaan kegiatan.
c)      Tahap Evaluasi
1)      Mengevaluasi kembali program yang telah dilaksanakan, untuk mengetahui hasil, kendala atau hambatan, dan faktor pendukung kegiatan senam aerobik ibu-ibu PKK dusun bakir desa sukomulyo pada setiap selasa dan jum’at malam mulai tanggal 19 Mei 2015.

2.      Organisasi Pelaksana Program
Pelindung                     : Dr. H. M. Ishaq, M.Pd
(Ketua LP2M UM Kepala P2SWKKN)
Dosen Pembimbing      : Yuli Soesetiyo, S.E, MM
Penasehat                     : Safi’ul Anwar, S.T (Kepala Desa Sukomulyo)
Penanggung Jawab     : -   Edo Prasetyo (FIK/ PKO’2012)
-       M. Fauzan Ikramullah (FIK/ PJK’2012)
Sekretaris                     : Iis Afriani (FIP/ PGSD’2012)
Bendahara                    : Siskha Amalia Dwi Cahyani (FIP/ PGSD’2012)
Sie. Humas
Koordinator                   : Renny Retna Puspasari (FIP/ AP’2012)
Anggota                         : Deris Eka Putri(FIP/ PLS’2012)
Sie. Dokumentasi Dan Publikasi
Koordinator                   : Nur Fidayat (FIP/ PGSD’2012)
Anggota                         : Hanny Katera (FE/ Pend.Akuntansi’2012)

Sie. Perlengkapan
Koordinator                   : Wahyu Anjasmoro (FE/EKP’2012)
Anggota                         : Budiharjo (FIS/HKN’2012)

3.      Dana dan Sumber Dana
Rincian dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program Senam Sehat Aerobik Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang adalah:
a)      Pemasukan
LP2M                                                                            Rp.  50.000,-
Total                                                                              Rp.  50.000,-
b)      Pengeluaran
Hadiah                                                                           Rp. 43.000,-
Print Laporan                                                                 Rp.   4.000,-
Jilid Laporan                                                                  Rp.   3.000,-   
Total                                                                              Rp.  50.000,-

4.    Hasil yang Diharapkan
a)        Warga Dusun Bakir Desa Sukomulyo khususnya ibu-ibu dapat menjadikan senam aerobik sebagai alternatif  kegiatan olahraga untuk menjaga kebugaran jasmani.
b)        Warga Dusun Bakir Desa Sukomulyo dapat melanjutkan kegiatan senam aerobik menjadi kegiatan rutin meskipun mahasiswa KKN UM sudah tidak KKN lagi di desa sukomulyo.








BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.  Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan program kegiatan senam aerobik di Desa Sukomulyo, dapat dikatakan sesuai dengan rencana yang sudah direncanakan sebelumnya. Namun di dalam pelaksanaan tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dapat dilalui dengan kerja keras.
Adapun faktor pendukung pelaksanaan kegiatan senam aerobik yaitu :
1.    Ibu Lurah menyambut baik dengan adanya kegiatan senam aerobik
2.    Semua perangkat desa mendukung akan adanya kegiatan senam aerobik
3.    Peralatan dengan mudah dipinjam kepada perangkat desa
Faktor penghambat  kegiatan senam aerobik  yaitu :
1.    Sulitnya mendapatkan lagu yang sesuai
2.    Sulit mencari gerakan, karena mengingat yang mengikuti senam adalah ibu-ibu maka gerakan harus disesuaikan dengan kemampuan ibu-ibu.
3.    Banyak ibu-ibu yang masih malu untuk mengikuti gerakan senam

B.  Permasalahan dalam Pelaksanaan Kegiatan    
Dalam pelaksanaan kegiatan senam aerobik di Desa Sukomulyo terdapat beberapa masalah diantaranya yaitu :
1.    Sulit mencari waktu yang cocok, karena warga desa memiliki kegiatan yang cukup padat.
2.    Banyak ibu-ibu yang masih malu untuk mengikuti gerakan senam

C.  Solusi Terhadap Masalah                       
Dalam pelaksanaan kegiatan senam aerobik di Desa Sukomulyo terdapat beberapa masalah namun dapat diatasi dengan solusi sebagai berikut :
1.    Kesulitan mencari lagu yang sesuai untuk dijadikan sebagai musik senam, sehingga diputuskan untuk mencari lagu yang sesuai di internet dan pada akhirnya dapat menemukan musik yang sesuai.
2.    Banyak ibu-ibu yang masih malu mengikuti gerakan senam, sehingga ibu-ibu dibimbing mahasiswi KKN UM agar tidak malu-malu lagi.

BAB III
PAPARAN DAN PEMBAHASAN HASIL PELAKSANAAN  PROGRAM
A.  Paparan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
No
Program
Pencapaian
Hasil
Kendala
Yang Dihadapi
Alternatif
Pemecahan
Dana dan Sumber Dana
Penanggung-jawab
1
Senam Sehat Aerobik
1.    Senam aerobik sebagai alternatif  kegiatan olahraga ibu-ibu PKK dusun bakir desa sukomulyo.
2.    Ibu-ibu senang dengan diadakannya kegiatan senam aerobik.
3.    Pada pertemuan pertama pada hari selasa sore tanggal 19 Mei 2015 gerakan ibu-ibu masih kaku dalam melakukan rangkaian senam.
4.    Pada pertemuan kedua pada hari Jum’at, 22 Mei 2015 gerakan ibu-ibu sudah mulai lebih baik.
5.    Pada pertemuan ketiga pada hari Rabu, 27 Mei 2015 ibu-ibu sudah mulai menghafal rangkaian gerakan.
6.    Pada pertemuan keempat pada hari Jum’at, 29 Mei 2015 ibu-ibu sudah mulai bisa mengikuti tempo.
7.    Pada pertemuan kelima pada hari Selasa, 2 juni 2015 rangkaian gerakan yang dilakukan ibu-ibu sudah lebih baik.
8.    Pada pertemuan keenam pada hari Jum’at, 5 juni 2015 ibu-ibu dapat melakukan gerakan dengan baik.
9.    Pada pertemuan ketujuh pada hari Selasa, 9 juni 2015 senam gagal terlaksana.



10.      Pada pertemuan kedelapan pada hari Kamis, 11 juni 2015 gerakan ibu-ibu sudah baik namun tetap perlu diperbaiki.
1.    Waktu para ibu-ibu desa sukomulyo dalam kesehariannya padat dengan kegiatan yaitu pada pagi hingga siang hari ibu-ibu pergi ke sawah dan pada sore hari ibu-ibu memerah susu sapi.
2.    Masih banyak ibu-ibu yang terlambat datang sesuai dengan jadwal.
3.    Beberapa Ibu-ibu masih malu-malu untuk mengikuti rangkaian gerakan senam dan yang datang juga masih sedikit.
4.    masih terdapat ibu-ibu yang belum hafal rangkaian gerakan.
5.    Terjadi pergantian jadwal yang dalam undangan tertulis hari senin, 25 Mei 2015 menjadi rabu, 27 Mei 2015 karena pada tanggal 26 Mei 2015 terdapat penyuluhan sehingga memerlukan persiapan untuk kegiatan tersebut. Kemudian masih terdapat ibu-ibu yang ketinggalan mengikuti tempo.
6.    Masih terdapat ibu-ibu yang jarang datang yang masih belum bisa mengikuti gerakan.
7.    Pada gerakan baru yang ditambahkan setiap minggunya perlu menyesuaikan terlebih dahulu.
8.    Ibu-ibu masih banyak yang terlambat datang.
9.    Senam tidak terlaksana karena banyak ibu-ibu ada keperluan dan hanya sedikit sekali yang datang dan mahasiswa putri banyak yang piket ke SD untuk melakukan bimbingan belajar.
10.     Terjadi pergantian jadwal yang dalam undangan yang pertama tertulis hari jum’at, 12 Juni 2015 menjadi kamis, 11 Juni 2015 karena pada tanggal 12 Juni 2015 terdapat kegiatan lomba untuk anak-anak SD. Untuk gerakan ibu-ibu mengalami sedikit penurunan dari minggu lalu.
1.    Senam aerobik diadakan pada jam 14.00 – 15.00 supaya ibu-ibu tetap bisa mengikuti kegiatan senam aerobik.
2.    Menghimbau ibu-ibu agar dapat datang tepat waktu.
3.    Mahasiswa KKN UM mencoba melakukan pendekatan dan memberi motivasi pada ibu-ibu agar tidak malu-malu lagi dan membuat undangan.
4.    melakukan pengajaran tanpa musik terlebih dahulu
5.         Menginformasikan kepada ibu-ibu yang mengikuti senam pada pertemuan sebelumnya tentang pergantian jadwal tersebut. Selanjutnya melakukan pengajaran tanpa musik terlebih dahulu untuk memperlambat tempo.
6.         Memberi himbauan agar ibu-ibu bisa datang setiap pertemuan agar lancar dalam melakukan gerakan senam.
7.         melakukan pengajaran tanpa musik terlebih dahulu.


8.         Memberi himbauan agar ibu-ibu bisa datang tepat waktu.
9.         Meminta bantuan ibu kasun untuk menginformasikan kepada para ibu-ibu untuk datang pada pertemuan terakhir.
10.     Meminta bantuan ke ibu kasun tentang informasi pergantian jadwal dan menyarankan ibu-ibu dapat melakukan kegiatan senam ini menjadi kegiatan rutin meskipun para mahasiswa KKN UM sudah tidak di desa sukomulyo.
1.    LP2M sebesar
Rp.  50.000,-
1.      Edo Prasetyo
2.      M. Fauzan Ikramullah

Tabel 3.1 Paparan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

B.  Pembahasan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Dalam pelaksanaan program kerja senam sehat aerobik, dapat dikatakan sesuai dengan harapan. dikarenakan adanya beberapa faktor pendukung diantaranya yaitu dukungan yang diberikan oleh Ibu Lurah, Beliau sangat menyetujui adanya kegiatan senam karena banyak ibu-ibu yang juga ingin diadakan kegiatan senam rutin, selain demi menjaga kebugaran jasmani juga dapat dijadikan sebagai hiburan.
Selain adanya dukungan dari Ibu Lurah, kegiatan senam sehat aerobik ini dapat berjalan dengan lancar juga berkat dukungan dari perangkat desa, karena berkat dukungan dari perangkat desa, perlengkapan yang dibutuhkanpun juga mudah untuk dipinjam. Meskipun terdapat beberapa faktor pendukung senam sehat aerobik namun juga ada beberapa faktor penghambat dalam kegiatan senam sehat aerobik diantaranya yaitu, Kesulitan mendapatkan lagu yang sesuai, hal tersebut dikarenakan sinyal di desa Sukomulyo yang sangat lemah sehingga kesulitan mencari music melalui internet. Selain itu juga masih ada hambatan lainnya yaitu sulit mencari gerakan, karena mengingat yang mengikuti senam adalah ibu-ibu maka gerakan harus disesuaikan dengan kemampuan ibu-ibu. selain itu masih banyak ibu-ibu yang malu dalam melakukan gerakan senam, hal tersebut membuat gerakan senam yang dilakukan ibu-ibu kurang berpengaruh bagi kebugaran jasmani mereka.





BAB IV
PENUTUP

A.  Simpulan
Berdasarkan kegiatan observasi di Desa Sukomulyo oleh mahasiswa KKN UM ditemukan adanya fakta mengenai banyaknya warga, khususnya ibu-ibu yang antusias dengan kegiatan senam. Karena dengan adanya senam selain untuk menjaga kebugaran jasmani juga dapat menjadi hiburan bagi warga setempat.

B.  Rekomendasi
Dalam kegiatan  senam aerobik yang di laksanakan di desa Sukomulyo sebaiknya diberikan pelatihan lebih lanjut tentang manfaat  senam agar warga desa Sukomulyo khususnya ibu-ibu memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai manfaat melakukan gerakan senam aerobik. Dalam kegiatan senam aerobik  yang di laksanakan di desa Sukomulyo sebaiknya warga diberikan rekaman gerakan senam yang dimasukan ke dalam CD agar warga dapat tetap melanjutkan kegiatan senam dengan benar. Dalam kegiatan senam aerobik  yang di laksanakan di desa Sukomulyo sebaiknya warga desa dapat mengembangkan gerakan senam yang sudah ada dengan gerakan yang lebih banyak.
                                                                                                            

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya memiliki prinsip hidup “ sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada. Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja