Skip to main content

CONTOH ESSAY RENCANA STUDI LPDP BIDANG PENDIDIKAN DASAR

RENCANA STUDI

A.    Rencana Perkuliahan dan SKS per-Semester
Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya untuk menjadi negara maju. Salah satu ciri negara maju yaitu memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pengembangan SDM yang berkualitas dapat ditempa melalui pendidikan yang bermutu dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi dengan bantuan seluruh ekosistem pendidikan. Oleh karenanya, perlu adanya tata kelola dan pengembangan yang baik dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan dasar yang merupakan fondasi dalam sistem pendidikan nasional.
Pendidikan dasar sebagai bagian pendidikan formal pertama dan utama yang bertugas mencetak sumber daya manusia yang unggul perlu dikelola dan dikembangkan secara maksimal. Oleh karena itu, saya yang memiliki latar belakang S1 di bidang pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), berencana untuk mengambil S2 Pendidikan Dasar dengan Konsentrasi Guru Kelas SD di Universitas Negeri Malang (UM), Malang, Indonesia sebagai langkah awal untuk berkiprah mencetak sumber daya manusia yang unggul. S2 pendidikan dasar di UM  telah terakredtasi B oleh BAN-PT. Selain itu, dilihat dari segi kompetensi yang dimiliki oleh dosen-dosennya juga sangat baik. Hal itu, ditandai dengan peringkat sumber daya manusia UM yang berada di tingkat 1 LPTK, pemrakarsa terdepan dalam bidang kependidikan, dan yang membanggakan lagi yaitu salah satu dosennya telah diamanahi tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Gelar magister pendidikan dasar konsentrasi guru kelas dapat tercapai jika mahasiswanya mencapai 42 sks. Oleh karenanya, saya menyusun rencana perkuliahan per semester berikut ini.
Periode Studi
Mata Kuliah
SKS
Semester 1

1.  Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
2.  Metodologi Penelitian Kuantitatif
3.  Karakteristik Peserta Didik
4.  Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar
5.  Rancangan Pembelajaran
6.  Strategi dan Model-model Pembelajaran
7.  Media Pembelajaran
2
2
2
2
2
2
2
Semester II

1.  Metodologi Penelitian Kualitatif
2.  Asesmen Pembelajaran
3.  Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia SD
4.  Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar PKn SD
5.  Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPS SD
6.  Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD
7.  Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPA SD
8.  Pengembangan Pendidikan Karakter di SD
2
2
2

2
2
2
2
2
Semester III

1.  Problematika Pendidikan Dasar
2.  Kuliah dan Praktik Lapangan
3.  Seminar Usulan Tesis
2
4
2
Semester IV
1.  Tesis
6
Total
44

B.    Rencana Tesis
Topik utama yang akan di ambil dalam tesis adalah mengenai pendidikan moral. Pendidikan moral menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem pendidikan dewasa ini. Sekolah dituntut tidak hanya menghasilkan siswa yang memiliki kognitif dan psikomotor yang tinggi tetapi juga afektif dan konasi yang baik sesuai dengan nilai-nilai Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Terlebih ketika pemerintah menargetkan pada 2020 seluruh sekolah menerapkan program penguatan pendidikan karakter (PPK) sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental. Oleh karena itu, saya akan mengangkat topik tersebut dengan tujuan menggambarkan: 1) hambatan, tantangan, dan peluang pendidikan moral di sekolah dasar, 2) dukungan kebijakan pendidikan moral di sekolah dasar, 3) sinergitas organ sekolah dalam pengembangan moral di sekolah dasar, dan 4) pola evaluasi pendidikan moral di sekolah dasar.
Metodologi yang akan digunakan yaitu pendekatan kualitatif  dengan memaksimalkan input pengambil kebijakan (kementerian atau dinas), sekolah, keluarga, dan masyarakat, sehingga mendapatkan output berupa deskripsi lengkap mengenai pemetaan program pendidikan moral, pola-pola masalah dan alternatif pemecahannya, serta sumbangan model pengembangan pendidikan karakter. Oleh karenanya penelitian ini sangat penting untuk dilakukan dan dikaji lebih lanjut guna mewujudkan tujuan negara.

C.    Rencana Aktivitas di Luar Studi dan Rencana Pascastudi
Pada dasarnya aktivitas studi merupakan kewajiban utama yang harus saya selesaikan. Oleh karena itu, seluruh energi yang saya miliki akan saya fokuskan untuk penyelesaian studi yang dimaksud. Namun demikian, jika terdapat peluang waktu setelah penyelesaian aktivitas studi, dapat saya manfaatkan untuk memberikan dukungan pada pengembangan aktivitas yang telah di programkan oleh perguruan tinggi tempat saya diberikan peluang studi. Kegiatan yang dimaksud antara lain melalui penelitian dengan dosen (Joint Research) dan mengikuti organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan pendidikan.
Setelah menyelesaikan studi, diharapkan ilmu yang telah dipelajari dapat diaplikasikan dan menjadi suatu bentuk kontribusi positif bagi pengembangan kelimuan pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan sekolah dasar. Bentuk nyata saya setelah selesai studi dalam hal pengembangan pendidikan dasar yaitu berupaya menjadi ilmuan pendidikan, antara lain berkarya sebagai dosen (akademisi sekaligus praktisi pendidikan), peneliti (reasearcher), penulis buku, dan berafiliasi dengan berbagai organisasi kependidikan.



Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG LAPORAN PROGRAM KERJA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2014/2015 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Penanggungjawab                           Edo Prasetyo                             (FIK/ PKO/2012)                  M. Fauzan Ikramullah               (FIK/ PJK/2012) PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NE...

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli...

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya memiliki prinsip hidup “ sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada. Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja ...