RENCANA
STUDI
A.
Rencana Perkuliahan dan SKS
per-Semester
Indonesia merupakan negara berkembang
yang berupaya untuk menjadi negara maju. Salah satu ciri negara maju yaitu
memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pengembangan SDM yang
berkualitas dapat ditempa melalui pendidikan yang bermutu dari pendidikan dasar
hingga pendidikan tinggi dengan bantuan seluruh ekosistem pendidikan. Oleh
karenanya, perlu adanya tata kelola dan pengembangan yang baik dalam bidang
pendidikan, terutama pendidikan dasar yang merupakan fondasi dalam sistem
pendidikan nasional.
Pendidikan dasar sebagai bagian
pendidikan formal pertama dan utama yang bertugas mencetak sumber daya manusia
yang unggul perlu dikelola dan dikembangkan secara maksimal. Oleh karena itu, saya
yang memiliki latar belakang S1 di bidang pendidikan guru sekolah dasar (PGSD),
berencana untuk mengambil S2 Pendidikan
Dasar dengan Konsentrasi Guru Kelas SD di Universitas Negeri Malang (UM),
Malang, Indonesia sebagai langkah awal untuk berkiprah mencetak sumber daya
manusia yang unggul. S2 pendidikan dasar di UM telah terakredtasi B oleh BAN-PT. Selain itu,
dilihat dari segi kompetensi yang dimiliki oleh dosen-dosennya juga sangat baik.
Hal itu, ditandai dengan peringkat sumber daya manusia UM yang berada di
tingkat 1 LPTK, pemrakarsa terdepan dalam bidang kependidikan, dan yang
membanggakan lagi yaitu salah satu dosennya telah diamanahi tugas sebagai
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Gelar magister pendidikan dasar
konsentrasi guru kelas dapat tercapai jika mahasiswanya mencapai 42 sks. Oleh
karenanya, saya menyusun rencana perkuliahan per semester berikut ini.
Periode
Studi
|
Mata
Kuliah
|
SKS
|
Semester 1
|
1. Landasan Pendidikan dan Pembelajaran
2. Metodologi Penelitian Kuantitatif
3. Karakteristik Peserta Didik
4. Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar
5. Rancangan Pembelajaran
6. Strategi dan Model-model Pembelajaran
7. Media Pembelajaran
|
2
2
2
2
2
2
2
|
Semester II
|
1. Metodologi Penelitian Kualitatif
2. Asesmen Pembelajaran
3. Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia
SD
4. Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar PKn SD
5. Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPS SD
6. Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD
7. Kajian Materi dan Pengembangan Bahan Ajar IPA SD
8. Pengembangan Pendidikan Karakter di SD
|
2
2
2
2
2
2
2
2
|
Semester III
|
1. Problematika Pendidikan Dasar
2. Kuliah dan Praktik Lapangan
3. Seminar Usulan Tesis
|
2
4
2
|
Semester IV
|
1. Tesis
|
6
|
Total
|
44
|
B. Rencana
Tesis
Topik utama yang akan di ambil dalam
tesis adalah mengenai pendidikan moral.
Pendidikan moral menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem pendidikan
dewasa ini. Sekolah dituntut tidak hanya menghasilkan siswa yang memiliki
kognitif dan psikomotor yang tinggi tetapi juga afektif dan konasi yang baik
sesuai dengan nilai-nilai Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan
Nasional. Terlebih ketika pemerintah menargetkan pada 2020 seluruh sekolah menerapkan
program penguatan pendidikan karakter (PPK) sebagai bagian dari gerakan
nasional revolusi mental. Oleh karena itu, saya akan mengangkat topik tersebut
dengan tujuan menggambarkan: 1) hambatan, tantangan, dan peluang pendidikan moral
di sekolah dasar, 2) dukungan kebijakan pendidikan moral di sekolah dasar, 3) sinergitas
organ sekolah dalam pengembangan moral di sekolah dasar, dan 4) pola evaluasi
pendidikan moral di sekolah dasar.
Metodologi yang akan digunakan yaitu
pendekatan kualitatif dengan
memaksimalkan input pengambil kebijakan (kementerian atau dinas), sekolah,
keluarga, dan masyarakat, sehingga mendapatkan output berupa deskripsi lengkap
mengenai pemetaan program pendidikan moral, pola-pola masalah dan alternatif
pemecahannya, serta sumbangan model pengembangan pendidikan karakter. Oleh
karenanya penelitian ini sangat penting untuk dilakukan dan dikaji lebih lanjut
guna mewujudkan tujuan negara.
C. Rencana
Aktivitas di Luar Studi dan Rencana Pascastudi
Pada dasarnya aktivitas studi merupakan
kewajiban utama yang harus saya selesaikan. Oleh karena itu, seluruh energi
yang saya miliki akan saya fokuskan untuk penyelesaian studi yang dimaksud.
Namun demikian, jika terdapat peluang waktu setelah penyelesaian aktivitas
studi, dapat saya manfaatkan untuk memberikan dukungan pada pengembangan
aktivitas yang telah di programkan oleh perguruan tinggi tempat saya diberikan
peluang studi. Kegiatan yang dimaksud antara lain melalui penelitian dengan
dosen (Joint Research) dan mengikuti organisasi
yang bergerak dalam bidang pengembangan pendidikan.
Setelah menyelesaikan studi, diharapkan
ilmu yang telah dipelajari dapat diaplikasikan dan menjadi suatu bentuk
kontribusi positif bagi pengembangan kelimuan pendidikan di Indonesia,
khususnya di bidang pendidikan sekolah dasar. Bentuk nyata saya setelah selesai
studi dalam hal pengembangan pendidikan dasar yaitu berupaya menjadi ilmuan
pendidikan, antara lain berkarya sebagai dosen (akademisi sekaligus praktisi
pendidikan), peneliti (reasearcher), penulis
buku, dan berafiliasi dengan berbagai organisasi kependidikan.
Comments
Post a Comment