Skip to main content

LAPORAN KKN UM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOMULYO 02 DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG


PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN
DAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOMULYO 02
DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG


LAPORAN PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
 
Penanggungjawab : Hanny Katera (FE/AKT/2012)
 

PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
2015

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Sekolah merupakan salah satu tempat belajar siswa dalam membangun dan mengembangkan kemampuan anak baik di bidang akademik maupun non akademik. Dengan menempuh pendidikan disekolah tentunya siswa dapat memperoleh berbagai ilmu pengetahuan yang dapat berguna dalam menunjang masa depannya. Demi mewujudkan tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah, maka sekolah harus bisa memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara optimal, seperti adanya layanan perpustakaan sekolah dan UKS.  Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan, perpustakaan sekolah berfungsi sebagai penunjang belajar bagi para siswa/siswi dan juga berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Perpustakaan memiliki kontribusi penting dalam menyediakan informasi tentang ilmu pengetahuan, maka dari itu perpustakaan sekolah harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan menambah pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan dalam KBM dan di luar KBM.
Perpustakaan dapat dikatakan sebagai jantung bagi kehidupan aktivitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Perpustakaan dipandang sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan peningkatan mutu pendidikan. Kualitas layanan perpustakaan sangat penting dan hendaknya dikelola dengan baik dan profesional agar dapat meningkatkan layanan yang memuaskan pengguna perpustakaan, karena peningkatan fungsi perpustakaan merupakan salah satu bagian dari program peningkatan kualitas pendidikan nasional.
Mengingat pentingnya peran perpustakaan tersebut, maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan benar-benar terwujud. Selain layanan perpustakaan, layanan UKS juga sangat diperlukan di dalam sekolah. Kesehatan siswa perlu terus dipantau dan diperhatikan secara berkala, bukan hanya orang tua siswa yang melakukannya, tetapi sekolah juga harus ikut berperan dalam menjaga kesehatan siswa. Program usaha kesehatan sekolah yang dikenal dengan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas. Pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh tim atau kelompok kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Tahun 2015 tentang kondisi perpustakaan dan UKS di SDN Sukomulyo 02, dapat diketahui bahwa pengelolaan perpustakaannya masih belum dikelola secara maksimal, serta program UKS juga belum terlaksana dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya tenaga pendidik di SDN Sukomulyo 2 yang bertugas sebagai tenaga/ penjaga di perpustakaan. Kondisi demikian berbanding terbalik dengan keberadaan perpustakaanyang sudah cukup memadai yaitu ditandai dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Sementara itu, program UKS sendiri juga masih belum terlaksana dengan baik karena tidak ada ruangan dan petugas khusus yang mengelola serta menjaga UKS, sehingga fungsi UKS di SDN Sukomulyo 02 masih belum bisa berfungsi dengan baik.
Berdasarkan hasil observasi dan analisis keadaan, kami mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang 2015 berupaya dalam mengelola perpustakaan dan UKS di SDN Sukomulyo 02. Program pengelolaan perpustakaan dan UKS SD ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan disekolah.

B.  Tujuan dan Sasaran Program KKN
Nama program kegiatan yang akan dilaksanakan adalah “Pengelolaan Perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Negeri Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang”. Program ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan dan UKS dalam rangkaian untuk membantu proses pendidikan di sekolah. Dengan kata lain program ini berusaha menghidupkan kembali fungsi perpustakaan yang sebelumnya tidak terkelola dengan baik agar dapat digunakan secara maksimal oleh guru maupun peserta didik. Dengan adanya pengelolaan yang tepat diharapkan perpustakaan dan UKS dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga tujuan pendidikan di sekolah juga dapat terwujud. Mengacu pada tujuan yang telah dibuat, program ini diperuntukkan bagi sivitas akademika SD Sukomulyo 02 yang meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. 

C.  Hasil yang Akan Dicapai
Berdasarkan latar belakang, tujuan, dan sasaran yang telah dipaparkan diatas, program ini berusaha untuk menjadikan
1.    Perpustakaan SDN Sukomulyo 02 yang tertata rapi, memiliki buku induk yang lengkap, bahan pustaka yang telah diklasifikasikan, dikatalogkan, dan diinventariskan sesuai prosedur yang benar.
2.    Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Sukomulyo 02 tertata rapi sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

D.  Strategi Pelaksanaan Program KKN
1.    Langkah-Langkah dan Cara yang Ditempuh dalam Pelaksanaan Program Kegiatan
a.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Program Kegiatan
Program kegiatan pengelolaan perpustakaan dan UKS ini dilakukan selama 2 minggu mulai tanggal 25 Mei sampai dengan 6 Juni 2015.Tempat pelaksanaan di perpustakaan danUKS SDN Sukomulyo 02.
b.    Tahap-TahapPelaksanaan Program Kegiatan
1)   Tahap Persiapan
a)    Padatanggal 13 Mei 2015 Penanggungjawab, sekretaris dan bendaharakesekolah SDN Sukomulyo 02 untuk memintaujindanmenjelaskan program untuk perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah tersebut.
b)   Padatanggal 14 Mei 2015 Penganggungjawab, sekretaris dan bendahara ke sekolah kembali untuk melakukan peninjauan terhadap perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) secara langsung. Menganalisis kekurangan-kekurangan yang ada di perpustakaan dan UKS.
c)    Pada tanggal 15 Mei 2015 rapat koordinasi dengan panitia pelaksana program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS), untuk membahas permasalahan dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
d)   Pada tanggal 16 Mei melakukan konsultasi kepada pihak sekolah yaitu Kepala Sekolah untuk menjelaskan gambaran program yang akan dilaksanakan dan tujuannya.
e)    Pada tanggal 17 Mei mendata perlengkapan yang di butuhkan dalam pengelolaan perpustakaan dan UKS.
f)    Pada tanggal 18 sampai dengan 23 Mei dilakukan pengadaan perlengkapan yang sudah didata sebelumnya.
g)   Pada tanggal 24 Mei dilakukan rapat koordinasi terakhir sebelum melaksanakan program dengan agenda mengecek segala kesiapan yang diperlukan.
2)   Tahap Pelaksanaan
a)    Tanggal 25 Mei tahap awal program ini yaitu membersihkan ruang UKS.
b)    Tanggal 26 Mei dilakukan penataan UKS dan pemasangan kotak P3K beserta isinya.
c)    Pada tanggal 27 – 30 Mei melakukan pembersihan rak buku, pengaturan tata letak isi perpustakaan, dan penggolongan buku kedalam beberapa bidang yaitu bahasa, tematik, IPS, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, SBK, IPA, Penjaskes, Bahasa Inggris, TIK dan Napza, Agama, Keguruan dan Umum.
d)   Tanggal 31 Mei diadakan rapat koordinasi dengan agenda pembahasan permasalahan baru yang muncul dan tak terduga sebelumnya.
e)    Tanggal 1 – 5 Juni dilakukan inventarisasi buku secara menyeluruh dan pengkodean buku baru (buku kurikulum 2013).
f)     Tanggal 6 Juni dilakukan tahap akhir pengelolaan perpustakan, yaitu penataan buku yang telah diinventaris ke rak yang sudah ditata ulang penempatannya, sekaligus pembersihan tahap akhir yaitu menyapu dan mengepel lantai.
g)    Tanggal 6 juni membuat buku panduan pengelolaan perpustakaan SD.
3)   Tahap Evaluasi
a)    Tanggal 7 Juni, dilakukan rapat evaluasi program pengelolaan perpustakaan, dengan agenda membahas hambatan selama bekerja, dan kekurangan dari hasil yang telah dicapai serta solusinya.
4)   Tahap Pembinaan
a)    Tanggal 12 Juni dilakukan uji coba penggunaan perpustakaan dan UKS yang telah dikelola.
b)   Tanggal 13 Juni dilakukan serah terima perpustakaan dan UKS yang telah dikelola dari tim KKN Universitas Negeri Malang kepada kepala sekolah SDN Sukomulyo 2.
2.    Pelaksana dan Penanggungjawab Program Kegiatan
Pelindung                                  : Dr. H. M. Ishaq, M.Pd.
                                                     (Kepala P2SWKKN)
Dosen Pembimbing Lapangan   : Yuli Soesetio, S.E., M.M.
Penasehat                                   : Kepala SDN Sukomulyo 2
Penanggung Jawab                    : Hanny Katera (FE/ Pend.Akuntansi’2012)
Sekretaris                                   : Nur Fidayat (FIP/PGSD’12)                       
          Bendahara                                 : Renny Retna Puspasari (FIP/AP’12)
          Sie inventarisasi                         : Eka Susanti (FIS/HKN’12)
                                                              Budiharjo (FIS/HKN’12)
                                                              Diyan Nofianti (FMIPA/FISIKA’12)
                                                              M. Fauzan Ikrammullah (FIK/PJK’12)
                                                              Iis Afriani (FIP/PGSD’12)
                                                              Edo Prasetyo (FIK/PKO’12)
                                                              Siskha Amalia D.C. (FIP/PGSD’12)
                                                              Shinta Gusta (FMIPA/KIMIA’12)
          Sie Pelabelan                             : Rofidah Ummamita (FE/ADP’12)
                                                              Deris Eka Putri (FIP/PLS’12)
          Sie Tata Letak                           : Alif Via Pradana (FIP/PGSD’12)
                                                              Wahyu Anjasmoro (FE/EKP’12)
                                                              Rizka Rosida Hayuni (FIP/BK’2012)
                                                              
3.    Dana dan Sumber Dana
Rincian dana yang dibutuhkan untuk pengelolaan perpustakaan dan UKS di SDN Sukomulyo 2 Kecamatan Pujon, yaitu:
a.    Pemasukan
Mahasiswa                                                                Rp        220.000,00
LP2M                                                                        Rp          50.000,00
Rp.      270.000,00
b.    Pengeluaran
1)   Pengelolaan Perpustakaan
BukuInduk                                                           Rp       16.000,00
Solasi                                                                    Rp        11.000,00
Double tape                                                          Rp          3.500,00
Poster                                                                   Rp       24.000,00
Print & jilid buku induk                                       Rp          8.500,00
2)   Pengelolaan UKS
Sprai                                                                     Rp       35.000,00
Selimut                                                                 Rp       35.000,00
Bantal                                                                   Rp       30.000,00
PengharumRuangan                                             Rp       30.000,00
Kertas A4                                                             Rp          5.000,00
Perlengkapankotak P3K                                      Rp       72.000,00  
  TOTAL                                                                  Rp       270.000,00


BAB II
PELAKSANAAN  KEGIATAN

A.  Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan
1.    Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diawali dengan rapat koordinasi dengan panitia pelaksana program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), melakukan konsultasi kepada pihak sekolah yaitu Kepala Sekolah untuk menjelaskan gambaran program yang akan dilaksanakan dan juga tujuannya, dan meminta izin kepada pihak sekolah untuk melihat keadaan perpustakaan dan UKS. Setelah mendapatkan izin kemudian melakukan program kegiatan yang telah direncanakan. Program kegiatan perpustakaan meliputi proses pembersihan ruangan termasuk didalamnya membersihkan buku dan rak dari debu, mengelompokkan buku-buku ke beberapa bidang, mendesain tata letak/denah perpustakaan, melakukan perbaikan tata letak perpustakaan berdasarkan denah yang dibuat termasuk didalamnya menempelkan , melakukan inventarisasi buku kedalam database bahan pustaka, melakukan pelabelan terhadap bahan pustaka yang belum diberi label, pemberian label terhadap rak bahan pustaka, dan menata kembali buku kedalam rak sesuai pengelompokkan bidang. Sedangkan program kegiatan UKS SD meliputi pembersihan ruangan, membuat denah tata letak, melakukan perbaikan tata letak UKS, dan memasang kotak P3K.
2.    Faktor Pendukung Pelaksanaan Kegiatan
Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) adalah
a.    Adanya dukungan penuh dari pihak sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS).
b.    Kerjasama yang baik oleh panitia program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS).
c.    Pihak sekolah memberikan fasilitas yang diperlukan untuk program pengelolaan perpustakaan dan UKS.
d.   Kebutuhan pihak sekolah akan pengelolaan perpustakaan dan UKS yang sudah lama terbengkalai.
e.    Antusiasme siswa dan siswi untuk membantu dalam menyelesaikan kegiatan pengelolaan perpustakaan dan UKS.
f.     Pihak sekolah memberikan keleluasaan untuk mengelola perpustakaan dan UKS.

3.    Faktor Penghambat Pelaksanaan Kegiatan
Faktor penghambat dalam pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang adalah aliran listrik di sekolah sering kali mati sehingga menghambat dalam proses pembuatan buku induk perpustakaan. Selain itu untuk mencari keperluan dalam pengelolaan perpustakaan memerlukan waktu yang sedikit lama dikarenakan jarak yang cukup jauh.

B.       Permasalahan dalam Pelaksanaan Kegiatan
Permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan program kerja ini adalah banyak sekali barang-barang yang seharusnya tidak ditempatkan di perpustakaan namun di tempatkan di perpustakaan, sehingga mempersulit dalam menata tata ruang perpustakaan.

C.  Solusi terhadap Masalah
Solusi terhadap permasalahan yang telah dilakukan antara lain:
1.    Memindahkan barang- barang yang tidak cocok ditempatkan di perpustakaan untuk dipindahkan ke gudang atas izin dari kepala sekolah.
2.    Memberikan pengarahan kepada siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02 untuk mengembalikan ketempat buku semula apabila selesai membaca.
Dengan melakukan kegiatan diatas, permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan diatas dapat teratasi.

BAB III
PAPARAN DAN PEMBAHASAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

A.  Paparan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
No
Program
Pencapaian
Hasil
Kendala
Yang Dihadapi
Alternatif
Pemecahan
Dana dan Sumber Dana
Penanggung-jawab
1.
Pengelolaan Perpustakaantakaandan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
1.    Perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi tertata rapi dan bersih sehingga dapat berfungsi dengan maksimal.
2.    Siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02 menjadi senang untuk memasuki perpustakaan dengan begitu siswa dan siswi akan gemar membaca.
Banyak sekali barang-barang yang seharusnya tidak ditempatkan di perpustakaan namun di tempatkan di perpustakaan, sehingga mempersulit dalam menata tata ruang perpustakaan.

1.    Memindahkan barang- barang yang tidak cocok ditempatkan di perpustakaan untuk dipindahkan kegudang atas izin dari kepsek
2.    Memberikan pengarahan kepada siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02 untuk mengembalikan ketempat buku semula apabila selesai membaca.
1.    LP2M UM sebanyak Rp. 100.000,00
2.    Iuran Mahasiswa KKN sebanyak Rp. 170.000,00
Hanny Katera

3.1 Tabel Hasil Pelaksanaan Kegiatan

B.  Pembahasan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Pengolahan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah yang dilakukan di SDN Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang berjalan lancar. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 Mei 2015 hingga 6 Juni 2015.Secara keseluruhan program ini telah selesai 100% jika dilihat dari indikator keberhasilan (hasil yang diharapkan) dan tujuan yang akan dicapai.Kegiatan yang selesai yaitu proses pelabelan bahan pustaka yang terdiri dari buku kurikulum 2013 dan beberapa buku kiriman yang masih ada di dalam kardus, proses penginventarisan bahan pustaka ke dalam database bahan pustaka perpustakaan SD Negeri Sukomulyo 02, perubahan tata letak/denah yang sesuai dengan perencanaan awal, proses pembuatan petunjuk penginventarisan dan pelabelan, hingga proses percobaan pengaktivan perpustakaan, pengambilan testimoni dari guru dan kepala sekolah, penataan UKS yang sesuai denah, pemasangan kotak P3K, hingga penanganan siswa yang luka akaibat terjatuh. Hal tersebut dapat terjadi atas bantuan pihak sekolah dengan mengizinkan pemakaian gudang sebagai tempat menaruh barang-barang yang tidak seharusnya tidak ada di perpustakaan atau UKS, siswa-siswi yang membantu membersihkan ruangan dan memindahkan barang-barang, serta motivasi dan dukungan dari para guru. Selain hal tersebut kerjasama dan kekompakkan dari kelompok kerja mahasiswa menyebabkan program ini berjalan secara tuntas. Walaupun begitu masih terdapat beberapa hambatan saat menata tata ruang perpustakaan yangdisebabkan oleh begitu banyak barang yang seharusnya tidak ditempatkan di perpustakaan namun di tempatkan di perpustakaan.


BAB IV
PENUTUP

A.  Simpulan
Pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar terlihat dari kepuasan dan pujian yang diberikan pihak sekolah kepada kami.

B.  Rekomendasi
Setelah dilakukan proses pengelolaan perpustakaan dan UKS SD oleh Tim KKN Universitas Negeri Malang2015 ini diharapkan.
1.    Pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dimanfaatkan sebagai sumber belajar di luar kelas.
2.    Pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dimanfaatkan sebagai panduan guru menyusun pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.
3.    Pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dipelihara kebersihan dan kerapian penataan bahan pustaka di rak.
4.    Pihak sekolah meneruskan program pengaktivan kembali perpustakaan dan UKS SD dengan menugaskan atau membuat jadwal piket guru penjaga.
5.    Pihak sekolah dapat meneruskan program inventarisasi dan pelabelan terhadap bahan pustaka yang baru atau yang datang sesuai panduan yang telah dibuat.
6.    Pihak sekolah mengembangkan program UKS yaitu Trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah kepada semua sivitas sekolah.
7.    Pihak sekolah perlu melakukan penghapusan buku-buku lama yang tidak sesuai atau tidak layak pakai melalui program penghapusan inventarisasi.
8.    Pihak sekolah perlu menambahkan ranjang atau dipan di UKS SD.
9.    Pihak sekolah perlu untuk memindahkan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan perpustakaan dan UKS di dalam ruangan.

UNTUK MELIHAT VIDEONYA SILAKAN KLIK DISINI

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG LAPORAN PROGRAM KERJA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2014/2015 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Penanggungjawab                           Edo Prasetyo                             (FIK/ PKO/2012)                  M. Fauzan Ikramullah               (FIK/ PJK/2012) PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NE...

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli...

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya memiliki prinsip hidup “ sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada. Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja ...