LAPORAN KKN UM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOMULYO 02 DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG
PENGELOLAAN
PERPUSTAKAAN
DAN
USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)
SEKOLAH
DASAR NEGERI SUKOMULYO 02
DESA SUKOMULYO
KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG
LAPORAN PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah
Kerja Nyata Universitas Negeri Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Penanggungjawab : Hanny Katera (FE/AKT/2012)
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN
KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA
MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG (UM)
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah merupakan salah satu tempat belajar siswa
dalam membangun dan mengembangkan kemampuan anak baik di bidang akademik maupun
non akademik. Dengan menempuh pendidikan disekolah tentunya siswa dapat
memperoleh berbagai ilmu pengetahuan yang dapat berguna dalam menunjang masa
depannya. Demi mewujudkan tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah, maka
sekolah harus bisa memfasilitasi kegiatan belajar mengajar secara optimal,
seperti adanya layanan perpustakaan sekolah dan UKS. Perpustakaan sekolah
merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan
keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan, perpustakaan
sekolah berfungsi sebagai penunjang belajar bagi para siswa/siswi dan juga
berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan
pendidikan di sekolah. Perpustakaan
memiliki kontribusi penting dalam menyediakan informasi tentang ilmu
pengetahuan, maka dari itu perpustakaan
sekolah harus memungkinkan para tenaga kependidikan dan para peserta didik
memperoleh kesempatan untuk memperluas dan menambah pengetahuan dengan membaca
bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan dalam KBM dan di
luar KBM.
Perpustakaan dapat dikatakan sebagai jantung bagi
kehidupan aktivitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh
data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu
pengetahuan. Perpustakaan dipandang sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi
pencapaian tujuan dan peningkatan mutu pendidikan. Kualitas layanan perpustakaan
sangat penting dan hendaknya dikelola dengan baik dan profesional agar dapat
meningkatkan layanan yang memuaskan pengguna perpustakaan, karena peningkatan
fungsi perpustakaan merupakan salah satu bagian dari program peningkatan
kualitas pendidikan nasional.
Mengingat
pentingnya peran perpustakaan tersebut, maka perlu adanya suatu pengelolaan
atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan benar-benar
terwujud. Selain layanan perpustakaan, layanan UKS juga sangat diperlukan di dalam sekolah.
Kesehatan siswa perlu terus dipantau dan diperhatikan secara berkala, bukan
hanya orang tua siswa yang melakukannya, tetapi sekolah juga harus ikut
berperan dalam menjaga kesehatan siswa. Program usaha kesehatan sekolah yang
dikenal dengan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan
pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam
mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas. Pembinaan dan pengembangan
usaha kesehatan sekolah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan
secara terpadu, terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan dan
melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan
hasil observasi yang dilakukan oleh tim atau kelompok kerja mahasiswa KKN
Universitas Negeri Malang Tahun 2015 tentang kondisi perpustakaan dan UKS di
SDN Sukomulyo 02, dapat diketahui bahwa pengelolaan perpustakaannya masih belum
dikelola secara maksimal, serta program UKS juga belum terlaksana dengan baik.
Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya tenaga
pendidik di SDN Sukomulyo 2 yang bertugas sebagai tenaga/ penjaga di
perpustakaan. Kondisi demikian berbanding terbalik dengan keberadaan perpustakaanyang
sudah cukup memadai yaitu ditandai dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Sementara
itu, program UKS sendiri juga masih belum terlaksana dengan baik karena tidak
ada ruangan dan petugas khusus yang mengelola serta menjaga UKS, sehingga
fungsi UKS di SDN Sukomulyo 02 masih belum bisa berfungsi dengan baik.
Berdasarkan
hasil observasi dan analisis keadaan, kami mahasiswa KKN Universitas Negeri
Malang 2015 berupaya dalam mengelola perpustakaan dan UKS di SDN Sukomulyo 02. Program
pengelolaan perpustakaan dan UKS SD ini bertujuan untuk membantu peserta didik
dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan disekolah.
B. Tujuan dan Sasaran Program KKN
Nama
program kegiatan yang akan dilaksanakan adalah “Pengelolaan Perpustakaan dan
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Negeri Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo Kecamatan
Pujon Kabupaten Malang”. Program ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali
kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan dan UKS dalam rangkaian
untuk membantu proses pendidikan di sekolah. Dengan kata lain program ini
berusaha menghidupkan kembali fungsi perpustakaan yang sebelumnya tidak
terkelola dengan baik agar dapat digunakan secara maksimal oleh guru maupun
peserta didik. Dengan adanya pengelolaan yang tepat diharapkan perpustakaan dan
UKS dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga tujuan pendidikan di
sekolah juga dapat terwujud. Mengacu pada tujuan yang telah dibuat, program ini
diperuntukkan
bagi sivitas akademika SD Sukomulyo 02 yang meliputi kepala sekolah, guru, dan
siswa.
C. Hasil yang Akan Dicapai
Berdasarkan
latar belakang, tujuan, dan sasaran yang telah dipaparkan diatas, program ini
berusaha untuk menjadikan
1.
Perpustakaan SDN Sukomulyo 02 yang tertata rapi,
memiliki buku induk yang lengkap,
bahan pustaka yang telah diklasifikasikan, dikatalogkan, dan diinventariskan sesuai
prosedur yang benar.
2.
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
SDN Sukomulyo 02 tertata rapi sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
D. Strategi Pelaksanaan
Program KKN
1.
Langkah-Langkah dan Cara yang
Ditempuh dalam Pelaksanaan Program Kegiatan
a.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Program Kegiatan
Program
kegiatan pengelolaan perpustakaan dan UKS ini dilakukan selama 2
minggu mulai tanggal 25 Mei sampai dengan 6 Juni 2015.Tempat pelaksanaan di perpustakaan danUKS
SDN Sukomulyo 02.
b. Tahap-TahapPelaksanaan Program Kegiatan
1)
Tahap
Persiapan
a)
Padatanggal 13 Mei 2015
Penanggungjawab, sekretaris dan bendaharakesekolah SDN Sukomulyo 02 untuk memintaujindanmenjelaskan
program untuk perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah tersebut.
b)
Padatanggal 14 Mei 2015
Penganggungjawab, sekretaris dan bendahara ke sekolah kembali untuk melakukan peninjauan terhadap perpustakaan dan Usaha
Kesehatan Sekolah (UKS) secara langsung. Menganalisis kekurangan-kekurangan yang ada di perpustakaan dan UKS.
c)
Pada
tanggal 15 Mei 2015 rapat koordinasi dengan panitia pelaksana
program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS), untuk membahas permasalahan dan mencari solusi
dari permasalahan tersebut.
d)
Pada
tanggal 16 Mei melakukan konsultasi kepada pihak sekolah yaitu
Kepala Sekolah untuk menjelaskan gambaran program yang akan dilaksanakan dan
tujuannya.
e)
Pada tanggal 17 Mei mendata perlengkapan yang di butuhkan dalam
pengelolaan perpustakaan dan UKS.
f)
Pada tanggal
18 sampai dengan 23 Mei dilakukan pengadaan perlengkapan yang sudah didata
sebelumnya.
g)
Pada tanggal
24 Mei dilakukan rapat koordinasi terakhir sebelum melaksanakan program dengan
agenda mengecek segala kesiapan yang diperlukan.
2)
Tahap
Pelaksanaan
a)
Tanggal 25 Mei
tahap awal program ini yaitu membersihkan ruang UKS.
b)
Tanggal 26
Mei dilakukan penataan UKS dan pemasangan kotak P3K beserta isinya.
c)
Pada tanggal
27 – 30 Mei melakukan pembersihan rak buku, pengaturan tata letak isi
perpustakaan, dan penggolongan buku kedalam beberapa bidang yaitu bahasa,
tematik, IPS, Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan, SBK, IPA, Penjaskes,
Bahasa Inggris, TIK dan Napza, Agama, Keguruan dan Umum.
d)
Tanggal 31
Mei diadakan rapat koordinasi dengan agenda pembahasan permasalahan baru yang
muncul dan tak terduga sebelumnya.
e)
Tanggal 1 – 5
Juni dilakukan inventarisasi buku secara menyeluruh dan pengkodean buku baru
(buku kurikulum 2013).
f)
Tanggal 6
Juni dilakukan tahap akhir pengelolaan perpustakan, yaitu penataan buku yang
telah diinventaris ke rak yang sudah ditata ulang penempatannya, sekaligus
pembersihan tahap akhir yaitu menyapu dan mengepel lantai.
g)
Tanggal 6
juni membuat buku panduan pengelolaan perpustakaan SD.
3)
Tahap
Evaluasi
a)
Tanggal 7
Juni, dilakukan rapat evaluasi program pengelolaan perpustakaan, dengan agenda
membahas hambatan selama bekerja, dan kekurangan dari hasil yang telah dicapai
serta solusinya.
4)
Tahap
Pembinaan
a) Tanggal 12 Juni dilakukan uji coba penggunaan
perpustakaan dan UKS yang telah dikelola.
b) Tanggal 13 Juni dilakukan serah terima
perpustakaan dan UKS yang telah dikelola dari tim KKN Universitas Negeri Malang
kepada kepala sekolah SDN Sukomulyo 2.
2. Pelaksana dan Penanggungjawab Program Kegiatan
Pelindung : Dr. H. M. Ishaq, M.Pd.
(Kepala P2SWKKN)
Dosen Pembimbing Lapangan : Yuli Soesetio, S.E., M.M.
Penasehat :
Kepala SDN Sukomulyo 2
Penanggung Jawab : Hanny Katera (FE/ Pend.Akuntansi’2012)
Sekretaris :
Nur Fidayat (FIP/PGSD’12)
Bendahara : Renny Retna
Puspasari (FIP/AP’12)
Sie inventarisasi :
Eka
Susanti (FIS/HKN’12)
Budiharjo (FIS/HKN’12)
Diyan Nofianti (FMIPA/FISIKA’12)
M. Fauzan Ikrammullah (FIK/PJK’12)
Iis Afriani (FIP/PGSD’12)
Edo Prasetyo (FIK/PKO’12)
Siskha
Amalia D.C. (FIP/PGSD’12)
Shinta Gusta (FMIPA/KIMIA’12)
Sie Pelabelan : Rofidah Ummamita (FE/ADP’12)
Deris Eka Putri (FIP/PLS’12)
Sie Tata Letak : Alif Via
Pradana (FIP/PGSD’12)
Wahyu Anjasmoro (FE/EKP’12)
Rizka Rosida Hayuni (FIP/BK’2012)
3.
Dana dan Sumber Dana
Rincian
dana yang dibutuhkan untuk pengelolaan perpustakaan dan UKS di SDN Sukomulyo 2
Kecamatan Pujon, yaitu:
a. Pemasukan
Mahasiswa Rp 220.000,00
LP2M Rp 50.000,00
Rp. 270.000,00
b. Pengeluaran
1)
Pengelolaan Perpustakaan
BukuInduk Rp 16.000,00
Solasi Rp
11.000,00
Double tape Rp 3.500,00
Poster Rp 24.000,00
Print & jilid
buku induk Rp 8.500,00
2)
Pengelolaan UKS
Sprai Rp 35.000,00
Selimut Rp 35.000,00
Bantal Rp 30.000,00
PengharumRuangan Rp 30.000,00
Kertas A4 Rp
5.000,00
Perlengkapankotak P3K Rp 72.000,00
TOTAL Rp 270.000,00
BAB II
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A. Mekanisme
Pelaksanaan Kegiatan
1. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah
(UKS) diawali dengan rapat koordinasi dengan panitia pelaksana
program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), melakukan konsultasi kepada pihak sekolah yaitu Kepala Sekolah untuk
menjelaskan gambaran program yang akan dilaksanakan dan juga tujuannya, dan meminta izin kepada pihak sekolah untuk melihat keadaan perpustakaan dan
UKS. Setelah mendapatkan izin
kemudian melakukan program kegiatan yang telah direncanakan. Program kegiatan
perpustakaan meliputi proses pembersihan ruangan termasuk didalamnya
membersihkan buku dan rak dari debu, mengelompokkan buku-buku ke beberapa
bidang, mendesain tata letak/denah perpustakaan, melakukan perbaikan tata letak
perpustakaan berdasarkan denah yang dibuat termasuk didalamnya menempelkan ,
melakukan inventarisasi buku kedalam database bahan pustaka, melakukan
pelabelan terhadap bahan pustaka yang belum diberi label, pemberian label
terhadap rak bahan pustaka, dan menata kembali buku kedalam rak sesuai
pengelompokkan bidang. Sedangkan program kegiatan UKS SD meliputi pembersihan
ruangan, membuat denah tata letak, melakukan perbaikan tata letak UKS, dan
memasang kotak P3K.
2. Faktor Pendukung Pelaksanaan Kegiatan
Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha
Kegiatan Sekolah (UKS) adalah
a.
Adanya
dukungan penuh dari pihak sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan pengelolaan perpustakaan
dan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS).
b.
Kerjasama
yang baik oleh panitia program pengelolaan perpustakaan dan Usaha Kegiatan
Sekolah (UKS).
c.
Pihak
sekolah memberikan fasilitas yang diperlukan untuk program pengelolaan perpustakaan
dan UKS.
d.
Kebutuhan
pihak sekolah akan pengelolaan perpustakaan dan UKS yang sudah lama
terbengkalai.
e.
Antusiasme
siswa dan siswi untuk membantu dalam menyelesaikan kegiatan pengelolaan perpustakaan
dan UKS.
f.
Pihak
sekolah memberikan keleluasaan untuk mengelola perpustakaan dan UKS.
3. Faktor Penghambat Pelaksanaan Kegiatan
Faktor penghambat dalam pelaksanaan program pengelolaan perpustakaan dan Usaha
Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon,
Kabupaten Malang adalah aliran listrik di sekolah sering kali mati sehingga
menghambat dalam proses pembuatan buku induk perpustakaan. Selain itu untuk
mencari keperluan dalam pengelolaan perpustakaan memerlukan waktu yang sedikit
lama dikarenakan jarak yang cukup jauh.
B.
Permasalahan
dalam Pelaksanaan Kegiatan
Permasalahan yang dihadapi saat pelaksanaan
program kerja ini adalah banyak sekali barang-barang
yang seharusnya tidak ditempatkan di perpustakaan namun
di tempatkan di perpustakaan, sehingga mempersulit dalam menata tata ruang perpustakaan.
C.
Solusi
terhadap Masalah
Solusi terhadap permasalahan yang telah
dilakukan antara lain:
1.
Memindahkan barang- barang yang tidak cocok ditempatkan di perpustakaan
untuk dipindahkan ke gudang atas izin dari kepala sekolah.
2.
Memberikan pengarahan kepada siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02
untuk mengembalikan ketempat buku semula apabila selesai membaca.
Dengan
melakukan kegiatan diatas, permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan
diatas dapat teratasi.
BAB III
PAPARAN DAN PEMBAHASAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Paparan
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
No
|
Program
|
Pencapaian
Hasil
|
Kendala
Yang Dihadapi
|
Alternatif
Pemecahan
|
Dana dan Sumber Dana
|
Penanggung-jawab
|
1.
|
Pengelolaan Perpustakaantakaandan Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
|
1. Perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
menjadi tertata rapi dan bersih sehingga dapat berfungsi dengan maksimal.
2. Siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02 menjadi senang
untuk memasuki perpustakaan dengan begitu siswa dan siswi akan gemar membaca.
|
Banyak sekali barang-barang yang seharusnya tidak
ditempatkan di perpustakaan namun di tempatkan di perpustakaan, sehingga
mempersulit dalam menata tata ruang perpustakaan.
|
1.
Memindahkan barang- barang yang tidak cocok ditempatkan
di perpustakaan untuk dipindahkan kegudang atas izin dari kepsek
2. Memberikan
pengarahan kepada siswa dan siswi SDN Sukomulyo 02 untuk mengembalikan
ketempat buku semula apabila selesai membaca.
|
1.
LP2M UM sebanyak Rp. 100.000,00
2. Iuran Mahasiswa KKN sebanyak Rp. 170.000,00
|
Hanny Katera
|
3.1 Tabel Hasil Pelaksanaan Kegiatan
B.
Pembahasan
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Pengolahan perpustakaan dan Usaha
Kesehatan Sekolah yang dilakukan di SDN Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo, Kecamatan
Pujon, Kabupaten Malang berjalan lancar. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal
25 Mei 2015 hingga 6 Juni 2015.Secara keseluruhan program ini telah selesai
100% jika dilihat dari indikator keberhasilan (hasil yang diharapkan) dan
tujuan yang akan dicapai.Kegiatan yang selesai yaitu proses pelabelan bahan
pustaka yang terdiri dari buku kurikulum 2013 dan beberapa buku kiriman yang
masih ada di dalam kardus, proses penginventarisan bahan pustaka ke dalam database
bahan pustaka perpustakaan SD Negeri Sukomulyo 02, perubahan tata letak/denah
yang sesuai dengan perencanaan awal, proses pembuatan petunjuk penginventarisan
dan pelabelan, hingga proses percobaan pengaktivan
perpustakaan, pengambilan testimoni dari guru dan kepala sekolah, penataan UKS
yang sesuai denah, pemasangan kotak P3K, hingga penanganan siswa yang luka
akaibat terjatuh. Hal tersebut dapat terjadi atas bantuan pihak sekolah dengan
mengizinkan pemakaian gudang sebagai tempat menaruh barang-barang yang tidak
seharusnya tidak ada di perpustakaan atau UKS, siswa-siswi yang membantu
membersihkan ruangan dan memindahkan barang-barang, serta motivasi dan dukungan
dari para guru. Selain hal tersebut kerjasama dan kekompakkan dari kelompok
kerja mahasiswa menyebabkan program ini berjalan secara tuntas. Walaupun begitu
masih terdapat beberapa hambatan saat menata tata ruang perpustakaan
yangdisebabkan oleh begitu banyak barang yang seharusnya tidak ditempatkan di perpustakaan
namun di tempatkan di perpustakaan.
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Pengelolaan perpustakaan
dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Sukomulyo 02 Desa Sukomulyo Kecamatan
Pujon Kabupaten Malang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaannya berjalan dengan
baik dan lancar terlihat dari kepuasan dan pujian yang diberikan pihak sekolah
kepada kami.
B. Rekomendasi
Setelah dilakukan proses pengelolaan perpustakaan
dan UKS SD oleh Tim KKN Universitas Negeri Malang2015 ini diharapkan.
1.
Pengelolaan perpustakaan
dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dimanfaatkan sebagai
sumber belajar di luar kelas.
2.
Pengelolaan perpustakaan
dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dimanfaatkan sebagai
panduan guru menyusun pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.
3.
Pengelolaan perpustakaan
dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang telah dilakukan dipelihara kebersihan
dan kerapian penataan bahan pustaka di rak.
4.
Pihak sekolah meneruskan program pengaktivan kembali perpustakaan dan UKS
SD dengan menugaskan atau membuat jadwal piket guru penjaga.
5.
Pihak sekolah dapat meneruskan program inventarisasi dan pelabelan
terhadap bahan pustaka yang baru atau yang datang sesuai panduan yang telah
dibuat.
6.
Pihak sekolah mengembangkan program UKS yaitu Trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan,
pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah kepada semua sivitas
sekolah.
7.
Pihak sekolah
perlu melakukan penghapusan buku-buku lama yang tidak sesuai atau tidak layak
pakai melalui program penghapusan inventarisasi.
8.
Pihak sekolah
perlu menambahkan ranjang atau dipan di UKS SD.
9.
Pihak
sekolah perlu untuk memindahkan barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan
perpustakaan dan UKS di dalam ruangan.
Membantu sekali untuk mahasiswa yang lagi bingung nih
ReplyDelete