LAPORAN KKN UM SOSIALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK (MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS) PADA PENDIDIK DAN WALI MURID DI PAUD PKK TAMAN HARAPAN DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG
SOSIALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK
(MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS)
PADA PENDIDIK DAN WALI MURID
DI PAUD PKK TAMAN HARAPAN DUSUN
BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG
LAPORAN PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri
Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Penanggungjawab
Alif Via Pradana (FIP/PGSD/2012)
Deris Eka Putri (FIP/
PLS/2012)
PUSAT
PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA
PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan anak
usia dini dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak antara lain aspek
perkembangan kognitif, perkembangan fisik anak, perkembangan bahasa anak, dan
perkembangan sosioemosional anak. Anak adalah individu yang unik, berbeda, dan
mempunyai karakteristik sendiri sesuai dengan tahap usianya. Pendidik dan wali
murid harus mampu menciptakan kondisi yang kondusif bagi peserta didiknya
seperti dalam memberi kesempatan dan membuat permainan yang dapat memicu
perkembangan anak misalnya memainkan permainan yang dapat melatih motorik halus
dan motorik kasar anak. Karakteristik anak merupakan salah satu kompetensi yang
harus dipahami oleh pendidik dan wali murid agar mengetahui tingkat pencapaian
perkembangan anak selama pembelajaran dan selama berada di rumah. Kegiatan yang
dilaksanakan di lembaga PAUD dan
kegiatan anak di rumah harus memenuhi kebutuhan anak dan dapat mengembangkan
kecerdasan yang dimiliki anak.
Pendidik dan
wali murid tidak mengetahui tentang perkembangan motorik kasar dan motorik
kasar anak dikarenakan pengetahuan yang sangat minim sekali terhadap aspek
perkembangan anak yang harus dipantau di lembaga PAUD dan di rumah. Oleh karena
itu, untuk memberi pengetahuan pada
pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik kasar dan motorik halus
pada anak, tim KKN UM mengadakan program “Sosialisasi
Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik
Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang”.
B. Tujuan dan Sasaran
Program KKN
Program Kerja yang dijalankan bernama “Sosialisasi
Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid
di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten
Malang”. Program kegiatan ini bertujuan melakukan kegiatan
berbasis penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan dan merangsang motorik
pada Anak Usia Dini (AUD) dan melakukan program lanjutan berbasis pembelajaran
dalam peningkatan motorik anak. Sehingga pelaksanaan
program kegiatan ini diharapkan
dapat menambah pengetahuan pendidik dan
wali murid tentang perkembangan motorik anak. Program ini diperuntukan bagi pendidik dan wali murid PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo
Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015.
C. Strategi Pelaksanaan
Program KKN
1. Langkah-Langkah
dan Cara yang Ditempuh dalam Pelaksanaan Program Kegiatan
a. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan Program Kegiatan
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28
Mei 2015 di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon.
b. Tahap-Tahap
Pelaksanaan Program Kegiatan
1) Tahap
Persiapan
a) Melakukan perijinan dan koordinasi kepada pihak
Kepala Sekolah PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan
Pujon Kabupaten Malang Tanggal 18 Mei 2015.
b) Melakukan
observasi ke PAUD PKK Taman Harapan
Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupten Malang. Tanggal 18-27 Mei
2015
2) Tahap Pelaksanaan
a) Melakukan sosialisasi perkembangan motorik anak yang meliputi
sosialisasi motorik halus dan motorik kasar pada tanggal 28 Mei 2015.
3) Tahap Evaluasi
a) Melakukan evaluasi kepada pendidik dan wali murid terhadap materi yang telah disampikan
oleh pemateri.
b) Melakukan tindak lanjut tentang proses kegiatan tersebut akan
membawah dampak positif bagi pendidik dan wali murid dalam memantau
perkembangan motorik anak.
2. Pelaksana
dan Penanggungjawab Program Kegiatan
Pelindung : Dr. H. M. Ishaq, M.Pd
(Kepala P2SWKKN)
Dosen Pembimbing Lapangan : Yuli Soesetiyo, S.E, MM
Penasehat :
Kepala Sekolah PAUD
Penanggung Jawab :
Alif Via Pradana (FIP/PGSD’12)
Deris Eka Putri (FIP/PLS’12)
Sekretaris : Nur Fidayat
(FIP/PGSD’12)
Bendahara : Renny Retna
Puspasari (FIP/AP’12)
Sie Humas
: Hanny Katera (FE/
Pend.Akuntansi’2012)
Sie
Perlengkapan :
Budiharjo (FIS/HKn’2012)
Sie
Dokumentasi : Eka
Susanti (FIS/HKn’2012)
3. Sumber
Dana Pelaksanaan Program Kegiatan
Rincian dana
yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program Sosialisasi Perkembangan Motorik
Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid di PAUD PKK Taman
Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang adalah:
a.
Pemasukan
Iuran Mahasiswa
Rp
50.000,00
b.
Pengeluaran
Pembelian hadiah Rp
30.000,00
Foto copy Rp
20.000,00
Rp
50.000,00
D. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari
pelaksanaan program kegiatan ini adalah
1. Mengenalkan
cara merangsang perkembangan motorik halus pada Anak Usia Dini (AUD)
2. Meningkatkan skill
pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak.
3. Menambah pengetahuan kepada pendidik dan wali murid tentang
perkembangan motorik anak.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Mekanisme Pelaksanaan
Kegiatan
1. Deskripsi
Pelaksanaan Kegiatan
Program kegiatan sosialisasi
perkembangan motorik anak usia dini merupakan program kependidikan. Kegiatan
sosialisasi perkembangan motorik anak usia dini ini diselenggarakan dalam acara
perpisahan dan ramah tamah PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo.
Dalam acara tersebut kami menyampaikan berbagai informasi seputar perkembangan
motorik anak yang terdiri dari motorik halus dan motorik kasar, motorik kasar
meliputi menulis, memegang, berlari, melompat, bersepeda, sedangkan motorik
halus seperti mewarnai, menggambar, dll. Selain itu kami mengadakan ice breaking seputar keseimbangan tubuh
dengan berdiri dan memejamkan mata sudah dapat melihat keseimbangan tubuh
seseorang.
No
|
Acara Kegiatan
|
Waktu
|
Narasumber
|
1
|
Pembukaan dan sambutan Kepala Sekolah
PAUD PKK Taman Harapan
|
08.00 - 08.20
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Istigosah dan sosialisasi perkembangan
motorik anak dan icebreaking
|
08.30 - 09.30
|
Wali Murid
Deris Eka Putri
|
3
|
Penutup dan doa
|
09.30 - 09.40
|
Kepala Sekolah
Wali murid
|
2. Faktor
Pendukung Pelaksanaan Kegiatan
a. Kepala
sekolah PAUD ingin adanya program seputar perkembangan anak usia dini.
b. Kerjasama
dan dukungan dari kepala sekolah dan pendidik sangat baik dengan adanya
kegiatan tersebut.
3. Faktor
Penghambat Pelaksanaan Kegiatan
a. Tempat
diadakan kegiatan yang kurang mendukung.
b. Tidak
ada tempat yang baik untuk menampilkan materi menggunakan LCD.
c. Pecahnya
kosentrasi wali murid saat kegiatan.
B. Permasalahan dalam
Pelaksanaan Kegiatan
Masalah yang ada dalam
pelaksanaan kegiatan ini adalah keterbatasan tempat yang tidak memungkinkan
untuk tim kita semua ikut dalam acara sosialisasi kali ini hanya dua orang yang
bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Dalam pelaksanaan sosialisasi tidak di
dukung LCD padahal kami sudah membawa LCD tersebut karena tempat yang kurang
memungkinkan dan para wali murid tidak
kosentrasi dalam acara tersebut. Akan tetapi kegiatan tersebut tidak mengganggu
acara tersebut dan berjalan lancar.
C. Solusi terhadap Masalah
Solusi terhadap masalah yang
ada dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menggunakan mikrofon dalam
penyampaian materi dan memberikan contoh kongkret. Agar wali murid tidak jenuh
pada acara tersebut, acara dibuat menarik dan tidak membosankan dengan
mengadakan ice breaking dan ditambah
dengan doorprize.
BAB III
PAPARAN DAN PEMBAHASAN
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Paparan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
No
|
Program
|
Hasil Yang Dicapai
|
Kendala
yang Dihadapi
|
Alternatif
Pemecahan
|
Dana
dan
Sumber Dana
|
Penanggung-jawab
|
1
|
Sosialisasi
Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali
Murid Di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon
Kabupaten Malang
|
Meningkatkan
pengetahuan pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak
|
1.
Keterbatasan tempat
untuk kegiatan.
2.
Tidak adany tempat
untuk menyampaikan materi menggunakan LCD.
3.
Wali murid tidak
kosentrasi saat kegiatan dimulai atau dilaksanakan.
|
1.
Kegiatan akan
diselenggarakan di aula balai desa.
2.
Materi yang
disampaikan menggunakan mikrofon.
3.
Mengadakan ice breaking saat kosentrasi pecah.
|
Iuran
mahasiswa sebanyak Rp. 50.000,00
|
1. Deris Eka Putri
2. Alif Via Pradana
|
B. Pembahasan Hasil
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan sosialisasi
perkembangan motorik kasar dan motori halus anak pada pendidik dan wali murid
di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten
Malang, acara pada kali ini berjalan lancar meskipun banyak hambatan yang
terjadi seperti LCD yang tidak ada colokan ruangan yang bercahaya sehingga
mengganggu. Peserta dalam acara kali ini berkisar dua puluh tiga orang termasuk
dua pendidik. Materi yang disampaikan bukan dari pemateri yang handal melainkan
mahasiswa KKN sendiri, dengan dibantu dua orang. Untuk merekam kegiatan
tersebut kami menggunakan video HP, karena tidak ada camera digital jadi kami
menggunakan HP.
BAB IV
A. Simpulan
Dalam program Sosialisasi
Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid
Di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten
Malang, terima kasih pada Ibu Lurah Sukomulyo sudah menyediakan tempat untuk
acara tersebut dan acara berjalan lancar.
B. Rekomendasi
Rekomendasi yang tepat untuk
kegiatan tersebut adalah
1. Membantu pendidik dalam proses penilaian dan memantau perkembangan
motorik anakdi sekolah .
2. Membantu wali murid untuk mengawasi perkembangan motorik anak
mereka selama berada di rumah.
Comments
Post a Comment