Skip to main content

LAPORAN KKN UM SOSIALISASI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK (MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS) PADA PENDIDIK DAN WALI MURID DI PAUD PKK TAMAN HARAPAN DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG


SOSIALISASI  PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK
(MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS)
PADA PENDIDIK DAN WALI MURID
DI PAUD PKK TAMAN HARAPAN DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

 LAPORAN PROGRAM KERJA
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang
Semester Pendek 2014/2015
Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
 
Penanggungjawab
Alif Via Pradana                        (FIP/PGSD/2012)
Deris Eka Putri                           (FIP/ PLS/2012)


PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak antara lain aspek perkembangan kognitif, perkembangan fisik anak, perkembangan bahasa anak, dan perkembangan sosioemosional anak. Anak adalah individu yang unik, berbeda, dan mempunyai karakteristik sendiri sesuai dengan tahap usianya. Pendidik dan wali murid harus mampu menciptakan kondisi yang kondusif bagi peserta didiknya seperti dalam memberi kesempatan dan membuat permainan yang dapat memicu perkembangan anak misalnya memainkan permainan yang dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak. Karakteristik anak merupakan salah satu kompetensi yang harus dipahami oleh pendidik dan wali murid agar mengetahui tingkat pencapaian perkembangan anak selama pembelajaran dan selama berada di rumah. Kegiatan yang dilaksanakan di lembaga PAUD  dan kegiatan anak di rumah harus memenuhi kebutuhan anak dan dapat mengembangkan kecerdasan yang dimiliki anak.
Pendidik dan wali murid tidak mengetahui tentang perkembangan motorik kasar dan motorik kasar anak dikarenakan pengetahuan yang sangat minim sekali terhadap aspek perkembangan anak yang harus dipantau di lembaga PAUD dan di rumah. Oleh karena itu, untuk  memberi pengetahuan pada pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada anak, tim KKN UM mengadakan program “Sosialisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang”.

B.  Tujuan dan Sasaran Program KKN
Program Kerja yang dijalankan bernama “Sosialisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang”. Program kegiatan ini bertujuan melakukan kegiatan berbasis penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan dan merangsang motorik pada Anak Usia Dini (AUD) dan melakukan program lanjutan berbasis pembelajaran dalam peningkatan motorik anak. Sehingga pelaksanaan program kegiatan ini diharapkan dapat  menambah pengetahuan pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak. Program ini diperuntukan bagi  pendidik dan wali murid PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015.

C.  Strategi Pelaksanaan Program KKN
1.    Langkah-Langkah dan Cara yang Ditempuh dalam Pelaksanaan Program Kegiatan
a.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Program Kegiatan
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28 Mei 2015 di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon.
b.    Tahap-Tahap Pelaksanaan Program Kegiatan
1)   Tahap Persiapan
a)    Melakukan perijinan dan koordinasi kepada pihak Kepala Sekolah PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Tanggal 18 Mei 2015.
b)   Melakukan observasi ke PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupten Malang. Tanggal 18-27 Mei 2015
2)   Tahap Pelaksanaan
a)    Melakukan sosialisasi perkembangan motorik anak yang meliputi sosialisasi motorik halus dan motorik kasar pada tanggal 28 Mei 2015.
3)   Tahap Evaluasi
a)    Melakukan evaluasi kepada pendidik dan wali murid terhadap materi yang telah disampikan oleh pemateri.
b)   Melakukan tindak lanjut tentang proses kegiatan tersebut akan membawah dampak positif bagi pendidik dan wali murid dalam memantau perkembangan motorik anak.
2.    Pelaksana dan Penanggungjawab Program Kegiatan
Pelindung                                  : Dr. H. M. Ishaq, M.Pd
                                                     (Kepala P2SWKKN)
Dosen Pembimbing Lapangan   : Yuli Soesetiyo, S.E, MM
Penasehat                                   : Kepala Sekolah PAUD
Penanggung Jawab                    : Alif Via Pradana (FIP/PGSD’12)
                                                     Deris Eka Putri (FIP/PLS’12)
Sekretaris                                   : Nur Fidayat (FIP/PGSD’12)
Bendahara                                 : Renny Retna Puspasari (FIP/AP’12)
Sie Humas                                 : Hanny Katera (FE/ Pend.Akuntansi’2012)
Sie Perlengkapan                       : Budiharjo (FIS/HKn’2012)
Sie Dokumentasi                       : Eka Susanti (FIS/HKn’2012)
3.    Sumber Dana Pelaksanaan Program Kegiatan
Rincian dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program Sosialisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang adalah:
a.         Pemasukan
Iuran Mahasiswa                                      Rp       50.000,00
b.         Pengeluaran
Pembelian hadiah                                     Rp       30.000,00
Foto copy                                                 Rp       20.000,00
                                                                    Rp       50.000,00
D.  Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan program kegiatan ini adalah
1.    Mengenalkan cara merangsang perkembangan motorik halus pada Anak Usia Dini (AUD)
2.    Meningkatkan skill pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak.
3.    Menambah pengetahuan kepada pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak.


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A.  Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan
1.    Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan
Program kegiatan sosialisasi perkembangan motorik anak usia dini merupakan program kependidikan. Kegiatan sosialisasi perkembangan motorik anak usia dini ini diselenggarakan dalam acara perpisahan dan ramah tamah PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo. Dalam acara tersebut kami menyampaikan berbagai informasi seputar perkembangan motorik anak yang terdiri dari motorik halus dan motorik kasar, motorik kasar meliputi menulis, memegang, berlari, melompat, bersepeda, sedangkan motorik halus seperti mewarnai, menggambar, dll. Selain itu kami mengadakan ice breaking seputar keseimbangan tubuh dengan berdiri dan memejamkan mata sudah dapat melihat keseimbangan tubuh seseorang.
No
Acara Kegiatan
Waktu
Narasumber
1
Pembukaan dan sambutan Kepala Sekolah PAUD PKK Taman Harapan

08.00 - 08.20

Kepala Sekolah
2
Istigosah dan sosialisasi perkembangan motorik anak dan icebreaking

08.30 -  09.30

Wali Murid
Deris Eka Putri

3

Penutup dan doa

09.30 - 09.40

Kepala Sekolah
Wali murid

2.    Faktor Pendukung Pelaksanaan Kegiatan
a.    Kepala sekolah PAUD ingin adanya program seputar perkembangan anak usia dini.
b.    Kerjasama dan dukungan dari kepala sekolah dan pendidik sangat baik dengan adanya kegiatan tersebut.

3.    Faktor Penghambat Pelaksanaan Kegiatan
a.    Tempat diadakan kegiatan yang kurang mendukung.
b.    Tidak ada tempat yang baik untuk menampilkan materi menggunakan LCD.
c.    Pecahnya kosentrasi wali murid saat kegiatan.

B.  Permasalahan dalam Pelaksanaan Kegiatan
Masalah yang ada dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah keterbatasan tempat yang tidak memungkinkan untuk tim kita semua ikut dalam acara sosialisasi kali ini hanya dua orang yang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Dalam pelaksanaan sosialisasi tidak di dukung LCD padahal kami sudah membawa LCD tersebut karena tempat yang kurang memungkinkan  dan para wali murid tidak kosentrasi dalam acara tersebut. Akan tetapi kegiatan tersebut tidak mengganggu acara tersebut dan berjalan lancar.

C.  Solusi terhadap Masalah
Solusi terhadap masalah yang ada dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menggunakan mikrofon dalam penyampaian materi dan memberikan contoh kongkret. Agar wali murid tidak jenuh pada acara tersebut, acara dibuat menarik dan tidak membosankan dengan mengadakan ice breaking dan ditambah dengan doorprize.


BAB III
PAPARAN DAN PEMBAHASAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

A.      Paparan Hasil Pelaksanaan Kegiatan

No
Program
Hasil Yang Dicapai
Kendala yang Dihadapi
Alternatif Pemecahan
Dana
dan Sumber Dana
Penanggung-jawab
1
Sosialisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid Di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang
Meningkatkan pengetahuan pendidik dan wali murid tentang perkembangan motorik anak

1.    Keterbatasan tempat untuk kegiatan.
2.    Tidak adany tempat untuk menyampaikan materi menggunakan LCD.
3.    Wali murid tidak kosentrasi saat kegiatan dimulai atau dilaksanakan.
1.    Kegiatan akan diselenggarakan di aula balai desa.
2.    Materi yang disampaikan menggunakan mikrofon.
3.    Mengadakan ice breaking saat kosentrasi pecah.
Iuran mahasiswa sebanyak Rp. 50.000,00
1.  Deris Eka Putri
2.  Alif Via Pradana





B.  Pembahasan Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan sosialisasi perkembangan motorik kasar dan motori halus anak pada pendidik dan wali murid di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, acara pada kali ini berjalan lancar meskipun banyak hambatan yang terjadi seperti LCD yang tidak ada colokan ruangan yang bercahaya sehingga mengganggu. Peserta dalam acara kali ini berkisar dua puluh tiga orang termasuk dua pendidik. Materi yang disampaikan bukan dari pemateri yang handal melainkan mahasiswa KKN sendiri, dengan dibantu dua orang. Untuk merekam kegiatan tersebut kami menggunakan video HP, karena tidak ada camera digital jadi kami menggunakan HP.




BAB IV

A.  Simpulan
Dalam program Sosialisasi Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Pada Pendidik dan Wali Murid Di PAUD PKK Taman Harapan Dusun Bakir Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, terima kasih pada Ibu Lurah Sukomulyo sudah menyediakan tempat untuk acara tersebut dan acara berjalan lancar.

B.  Rekomendasi
Rekomendasi yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah
1.    Membantu pendidik dalam proses penilaian dan memantau perkembangan motorik anakdi sekolah .
2.    Membantu wali murid untuk mengawasi perkembangan motorik anak mereka selama berada di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG LAPORAN PROGRAM KERJA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2014/2015 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Penanggungjawab                           Edo Prasetyo                             (FIK/ PKO/2012)                  M. Fauzan Ikramullah               (FIK/ PJK/2012) PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NE...

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli...

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya memiliki prinsip hidup “ sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada. Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja ...