Skip to main content

WAWANCARA BEASISWA LPDP

WAWANCARA BEASISWA LPDP
TIPS TRIK UMUM DAN KISI-KISI PERTANYAAN

Sebelum membahas mengenai Wawancara dalam seleksi beasiswa pendidikan LPDP, maka alangkah lebih baik mengenal mengenai gambaran lembaganya, yaitu LPDP, karena tidak jarang pertanyaan muncu mengenai LPDP dan turunannya. Karena bagaimanapun LPDP lah yang akan memberikan beasiswa kepada kalian semua

KE-LPDP-AN
LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan organisasi yang berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia, pendanaan riset komersial/implementatif untuk mendorong inovasi, serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam. Selanjutnya di uraikan sejarah, visi, misi, tujuan, fokus, dan program, makna logo dan nilai dan budaya LPDP.

SEJARAH
UUD 1945 mengamanahkan bahwa sekurang-kurangnya dua puluh persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan. Pemerintah dan DPR RI pada tahun 2010 melalui UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010 menyepakati bahwa sebagian dana dari alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN-P tersebut dijadikan sebagai Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund) oleh sebuah Badan Layanan Umum (BLU).
Pada tahun 2011, Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyepakati bahwa pengelolaan DPPN dan pemanfaatan hasil pengelolaan dana tersebut akan dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan namun pejabat dan pegawainya merupakan gabungan antara pegawai Kementerian Keuangan dan pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Menteri Keuangan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 252/PMK.01/2011 tanggal 28 Desember 2011 menetapkan Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan sebagai sebuah lembaga non eselon yang langsung bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan dan berpedoman pada kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh Dewan Penyantun LPDP (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, dan Mensteri Agama). Melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012, LPDP ditetapkan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badana Layanan Umum.

VISI, MISI & FOKUS
VISI
Menjadi lembaga pengelola dana terbaik di tingkat regional untuk mempersiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

MISI
1.        Mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pembiayaan pendidikan.
2.        Mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah melalui pendanaan riset.
3.        Menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal.
4.        Sebagai last resort, mendukung rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam melalui pengelolaan dana cadangan pendidikan.

TUJUAN, FOKUS & PROGRAM LPDP
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan mengarahkan segenap usahanya guna mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang. Pengelolaan dana abadi pendidikan ini bertujuan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi. Selain itu, LPDP juga bertujuan mengantisipasi keperluan rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat bencana.
LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Beberapa di antara prioritas yang menjadi fokus LPDP antara lain; teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.

MAKNA LOGO

1.        Kuncup bunga cempaka melambangkan fleksibilitas LPDP untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan jaman yang dinamis.
2.        Aroma bunga cempaka yang harum melambangkan misi LPDP untuk mengharumkan nama Indonesia dengan cara mencetak sumber daya manusia yang akan menjadi pemimpin bangsa.
3.        Warna jingga dan kuning emas melambangkan semangat, kreatifitas dan dinamika. Warna ini juga mencerminkan budaya LPDP yang penuh perhatian dalam memberikan layanan.

NILAI & BUDAYA
1. Integritas
Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh prinsip-prinsip moral.
2. Profesionalisme
Bekerja tuntas, akurat atas dasar kompetensi terbaik, penuh tanggung jawab, dan komitmen yang tinggi.
3. Sinergi
Membangun hubungan kerja sama internal maupun kemitraan yang produktif dan harmonis.
4. Pelayanan
Bekerja sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan mudah dalam memenuhi kepuasan pemangku kepentingan.
5. Kesempurnaan
Berupaya melakukan perbaikan disegala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.
(https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/profil/nilai-budaya/)

TIPS TRIK UMUM WAWANCARA LPDP
Wawancara adalah seleksi yang memiliki poin terbesar yaitu 70% sedangkan untuk essay on the spot dan LGD masing-masing 15% (Merujuk pada penilaian LPDP tahun 2017 dan sebelumnya). Untuk tahun 2018 tentunya berbeda. Tetapi wawancara tetap menjadi porsi terbesar kelulusan untuk menjadi awardee LPDP.  Merujuk pada seleksi sebelum-sebelumnya, LPDP memiliki bidang-bidang prioritas. Prioritas pertama untuk bidang teknik, sains, pertanian, dan kedokteran/kesehatan, dengan para pelamar harus mencapai nilai toal 70% pada semua tahap. Prioritas kedua yaitu bidang akuntansi/keuangan, hukum, pendidikan, dan agama, dengan para pelamar harus mencapai nilai total 75% pada semua tahap. Prioritas ketiga yaitu ekonomi, sosial,budaya/seni/bahasa dan bidang lainnya, dengan pelamar harus mencapai nilai total 80% pada semua tahap. Jadi bidang pada prioritas ketiga harus bekerja lebh keras dalam seleksi ini.
Pada tahap wawancara ini kita harus “be yourself”, jadi diri sendiri saja tapi dengan versi yang terbaik. Jawablah semua pertanyaan interviewer singkat dan jelas jangan berbelit-belit. Tunjukkan kalau memang kamu bersungguh-sungguh dan apa yang akan kamu lakukan adalah untuk kemajuan tanah air Indonesia serta pahami essay mu karena kebanyakan pertanyaan dari wawancara bersumber dari essay yang kamu buat.
Berikut tips wawancara lainnya yang mungkin dapat berguna:
1.        Saat wawancara akan dimulai interviewer biasanya akan memperkenalkan diri. Akan ada 3 interviewer, biasanya terdiri dari 2 profesor yang sangat mengetahui bidang studi yang akan ditempuh nantinya serta seorang psikolog untuk melihat dan menilai karakter dan kondisi psikologi pelamar. Panggilah mereka dengan sapaan “Prof”, jika mereka sudah memeprkenalkan diri sebagai profesor. Untuk membangun suasana yang lebih dekat dan tidak canggung, mereka puan akan merasa dihargai dengan elar yang dimiliki.
2.        Jadilah seseorang yang Good Looking dan memiliki gesture atau mimik yang bagus agar interviewer terpesona (ini benar-benar penting untuk suksesnya interview. Gesture atau mimik yang baik akan memberikan kesan yang baik pula).
3.        Siapan niat mengapa hendak melanjutkan studi S2/S3. Dalam hal ini, keyakinan pelamar beasiswa LPDP bahwa sebagai penerima beasiswa bukan hanya sekedar kuliah terus selesai dan sudah, melainkan penerima beasiswa sadar bahwa ada bebean moral sekaligus tanggung jawab untuk mengganti beasiswa dengan kontribusi untuk Indonesia setelah selesai kuliah dan kembali ke Indonesia. Apapun kontribusina, dalam bidang apapun, sesuai atau tidak sesuai dengan apa yang dipelajari, yang terpenting hal yang dilakukan dapat berguna untuk kemajuan Indonesia. Artinya melanjutkan S2/S3 bukanlah hanya karena gengsi seata!
4.        Memilih universitas harus degan baik dan benar. Lakukanlah riset mengenai keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya pada kampus yang dituju. Karena saat wawancara interviewer akan bertanya spesifik mengenai universitas dan jurusan yang akan dipilih.
5.        Berpikir positif. Ingatlah bahwa apa yang diyakini akan menjadi doa, dan ketika kita yakin kita pasti akan bisa menghadapi semua pertanyaan. Insya Alloh akan berjalan dnegan lancar.
6.        Jangan pernah panik. Jika merasa panik, kakimu gemetar, badanmu bergoyang, atau melakukan gerakan-gerakan yang tidak terduga saat wawancara, cubitlah tanganmu agar kembali fokus.
7.        Persiapkan sebanyak-banyaknya pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan.
8.        Cari dan pelajari pertanyaan-pertanyaan dari beberapa blog yang menyajikan pengalaman wawancara LPDP.
9.        Gunakan atitude yang baik, semisal memberi salam dan jabat tangan sebelum dan sesudah wawancara, tidak memotong pembicaraan interviewer, menjawab setelah interviewer selesai berbicara.
10.    Kalian berkualitas. Tanamkan dalam diri bahwa daya memiliki pribadi yang punya kualitas, bukan hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam kegiatan sosial.
11.    Jika terdapat pertanyaan yang mengkritik, jawablah kalau akan berusaha memperbaikinya, dan jangan terlalu mendebat interviewer.
12.    Jangan lupa tersenyum. Senyum akan membuat diri menjadi lebih tenang dan membuat interviewer bisa merasakan aura positif. Tetapi tersenyumlah dengan ikhlas.
13.    Gunakan beberapa kata-kata sakti berikut ini:
-          Baik, akan saya terima pendapat bapak/ibu tetapi sepengetahuan saya ....
-          Saya sangat senag apabila bapak/ibu ...
-          Terima kasih atas kesempatan yang diberikan, ....

KISI-KISI PERTANYAAN WAWANCARA LPDP
Apa yang menjadi penilaian Wawancara?
Secara umum berikut yang menjadi pertimbangan interviewer LPDP dalam menggali kemampuan calon awardee Nya.
1.        Akademis (10%) : Pengetahuan tentang Program Studi /Universitas Tujuan
2.        Kepemimpinan (45%) : Berpikir Strategis untuk memecahkan masalah, Potensi untuk Maju, Entrepreneurship, Pengalaman Organisasi, Kegiatan Kemasyarakatan, Integritas, Idealisme , dan Nasionalisme
3.        Kepribadian yang Berkualitas (35%) : Kepercayaan diri, Kemampuan Mengelola Emosi, Disiplin, Inisiatif, Beretika
4.        Faktor Penghambat Studi (10%) : Kemandirian, Situasi Keluarga

Dari komponen diatas, komponen yang akan dinilai yaitu:
a. Pengetahuan tentang program studi / universitas tujuan,
Memberikan informasi tentang alasan pemilihan bidang studi/universitas tujuan yang bersifat profesional (seperti silabus, profil dosen dll) dan dilengkapi keunggulan bidang studi/universi tas tujuan untuk menunjang cita-citanya (seperti networking, prospek mempelajari keahlian tertentu)
b. Potensi untuk maju,
Memberikan informasi tentang pengalaman yang menunjukkan kegigihan yang luar biasa untuk mencapai kesuksesan
c. Entrepreneurship: kemampuan melihat peluang; kreatif, inovatif dalam emecahan masalah namun tidak melanggar aturan yang berlaku
Memberikan informasi yang berisi yang menunjukkan usaha/tindakan penyelesaian masalah / kesulitan yang sangat kreatif/inovatif dan dalam batasan aturan yang berlaku
d. Integritas,
Memberikan informasi yang sangat meyakinkan bahwa kedua esai (esai 1 dan 2) adalah karya sendiri.
e. Pengalaman organisasi,
Memberikan informasi tentang capaian yang luar biasa dalam pengalamannya sebagai ketua / koordinator organisasi dan atau aktivitas ekstra kurikuler yang lingkupnya luas
f. Kegiatan kemasyarakatan,
Memberikan informasi tentang pengalaman dan capaian yang luar biasa dalam aktivitas volunteer atau layanan kepada komunitas
g. Idealisme,
Memberikan informasi ciita-cita/ rencana yang sangat jelas, dengan uraian cara pencapaian yang sangat strategis dan sistematis
h. Nasionalisme,
Memberikan informasi peran cita-citanya yang berwawasan ke depan (futuristik) untuk kemajuan negara dan bangsa
i. Kepercayaan diri,
Memberikan jawaban dengan suara sangat jelas, sangat tegas, dan sangat mantab.
j. Faktor potensi penghambat studi.
1) Faktor internal (kemandirian dan adaptasi lingkungan
Memberikan informasi tentang pengalaman kemandirian yang luar biasa dan kemampuan beradaptasi yang sangat baik terhadap lingkungan
2) Faktor eksternal individu (situasi keluarga dsb)
Tidak ada informasi tentang faktor eksternal (seperti kondisi keluarga, kesehatan) yang dapat menghambat kelancaran studi pelamar
k. Linearitas program studi
l. Kelancaran berbahasa Inggris

Dari komponen yang diuraikan di atas berikut kemungkinan daftar pertanyaan minimal yang akan ditanyakan oleh interviewer saat wawancara LPDP.
a.        Pengetahuan tentang bidang studi dan keunggulan dari minat/bidang studi/PT tujuan
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan mengenai “Informasi tentang program studi dan PT tujuan yang memadai dan bersifat profesional”, seperti:
1)        Faktor atau pertimbangan apa saja yang mendasari Anda memilih program studi/PT tujuan? atau Mengapa Anda memilih program studi/PT tujuan tersebut? Atau informasi apa yang terkait dengan program studi/PT tujuan yang sudah Anda miliki?

b.        Potensi keinginan untuk maju : kegigihan
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan yang berkaitan dengan essay yang telah ditulis yang berhubungan dengan kegigihan dan keinginan untuk maju. Kemungkinan pertanyaannya antara lain:
1)        Bila dalam essai belum ada uraian tentang personal history tentang kegigihan maka dapat ditanyakan : apakah Anda memiliki pengalaman hidup yang berisi perjuanganmu untuk mencapai keinginan/cita-cita/harapan/ keberhasilan? Bila ada ceritakan?
2)        Bila dalam essai sudah ada uraian personal history tentang kegigihan, dapat ditanyakan apa hasil akhir dari perjuanganmu tersebut? Pelajaran apa yang Anda peroleh dari pengalamanmu tersebut?

c.         Entrepreneurship :
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan yang berkaitan dengan kemampuan melihat peluang; kreatif, inovatif dalam pemecahan masalah namun tidak melanggar aturan yang berlaku. Pertanyaannya tentu berkaitan dengan essay yang telah ditulis, seperti:
1)        Bila dalam essai belum ada uraian tentang kesulitan yang dialami dan cara penyelesaian maka ditanyakan : kesulitan/masalah apa yang paling berat Anda hadapi dalam mencapai keinginan/cita-cita/harapan/keberhasilan? Usaha apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan agar dapat bertahan?
2)        Bila sudah ada, dapat ditanyakan : mengapa masalah/hambatan tersebut yang Anda anggap paling berat penyelesaiannya? Mengapa Anda memilih strategi penyelesaian tersebut?

d.        Pengalaman berorganisasi
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan yang berkaitan dengan Informasi tentang jenis organisasi dan peran di organisasi. Sebagai contoh:
1)        Apakah Anda pernah terlibat dalam organisasi? Apa nama organisasinya? Ruang lingkup gerak/aktivitas organisasi tsb apa?
2)        Apa peran Anda dalam organisasi tsb? (Apa tugas/aktivitas Anda dalam organisasi tersebut?)

e.         Kegiatan kemasyarakatan
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan yang berkaitan dengan Keterlibatan dalam kegiatan di masyarakat/ komunitas. Berikut contohnya:
1)        Apakah Anda pernah terlibat dalam kegiatan sosial di masyarakat/komunitas tertentu? Apa aktivitas yang dilakukan di masyarakat/komunitas tersebut? Berapa lama aktivitas tersebut? (kontinyu atau hanya dalam kurun waktu tertentu)
2)        Mengapa Anda memilih terlibat dalam aktivitas tersebut?
3)        Apa peran Anda dalam aktivitas tersebut?

f.         Faktor internal individu (Kemandirian dan adaptasi lingkungan)
1)        Siapa yang paling berperan dalam menentukan program studi/PT tujuan?
2)        Apakah sudah pernah hidup terpisah dari keluarga (inti atau kel besar)? Atau diantara anggota keluarga (inti) siapa yang memiliki hubungan emosi paling dekat?
3)        Bagaimana Anda mengatasi dampak dari kondisi keterpisahan tersebut? Atau kiat apa yang Anda lakukan untuk meminimalkan dampak keterpisahan tersebut?

g.        Faktor eksternal individu (situasi keluarga dsb)
1)        Sudah berkeluarga belum? Berapa lama berkeluarga? Bila sudah berapa jumlah dan usia anak? Istri bekerja tidak? Bagaimana rencana Anda dengan keluarga (anak dan istri) bila menerima beasiswa studi?

h.        Integritas
Pertanyaan yang akan digali adalah pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang menguji bahwa kedua esai adalah benar-benar tulisannya, seperti:
Idealisme Essay
Pertanyaan-pertanyaan yang tujuannya untuk konfirmasi kebenaran tulisan pelamar seperti:
1)        Seberapa yakin Anda dapat mengimplementasikan rencana tahapan yang Anda tulis di essay ini? Hal atau faktor apa yang membuat Anda merasa yakin/tidak yakin? Langkah antisipasi apa yang terpikirkan bila rencana yang ditulis pada essay ini tidak terlaksana?
Nasionalisme Essay
1)        Seberapa yakin tahapan dan strategi yang Anda ajukan tersebut akan memberikan sumbangan/ berperan bagi kemajuan bangsa Indonesia? Hal atau faktor apa yang membuat Anda merasa yakin/tidak yakin? Bagaimana dengan kendala yang mungkin dihadapi? Bagaimana langkah antisipasinya?

i.          Kepercayaan diri
Komponen ini dinilai saat dan selama wawancara dengan mengamati cara, sikap pelamar dalam menjawab pertanyaan atau tanyakan, sebagai contoh:
1)        Apa yang akan Anda lakukan bila Anda diundang pada suatu pertemuan yang pesertanya bukan dari kalangan Anda (dari segi usia/pendidikan/social budaya)?

j.          Linearitas program studi
Komponen ini tidak terlalu disorot apabila pelamar memilih program studi yang linear. Interviewer hanya akan memberikan catatan bila program studi lanjutan tidak linear dengan program studi sebelumnya. Dalam hal ini pelamar harus memberikan alasan yang bertanggung jawab mengenai pemilihan prodi tersebut.

k.        Kelancaran berbahasa asing /Inggris
Komponen ini dinilai saat dan selama wawancara dengan mengamati cara, sikap pelamar dalam menjawab pertanyaan selama berbicara dalam bahasa Inggris /asing, sebagai contoh:
1)        How do you describe yourself?
2)        How people, around you, describe you?
3)        Why do you apply for this (LPDP) scholarship?
4)        How well do you know about the requirement/qualities required for the recipient of this scholarship?
5)        Why do you think you deserve this scholarship?
6)        What are your dreams?

(tambahan)
l.          Kemanfaatan Output tesis/disertasi
Pastikan hasil riset dapat bermanfaat untuk perkembangan ilmu, memiliki dampak untuk masa depan bangsa/kehidupan, atau dapat diimplementasikan untuk masyarakat, dapat dipatenkan.

m.      Kebaharuan Riset
Pastikan topik atau riset adalah hal yang baru, inovatif, kreatif/unik. Bukan riset yang sudah sering dilakukan dan hanya berganti sampel atau penambahan variabel penelitian.

PENENTUAN BATAS MINIMAL KELULUSAN
Batas minimal kelulusan merupakan nilai akhir yang menjadi kriteria pelamar layak dipertimbangkan untuk mengikuti tahapan penilaian PK. Hal ini berarti pelamar yang memperoleh nilai akhir lebih rendah dari batas minimal kelulusan dianggap tidak layak mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Batas minimal kelulusan wawancara ditentukan dalam rapat BoD (Board of Direction), akan tetapi reviewer dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan tertentu melalui catatan apakah kandidat direkomendasikan menerima beasiswa atau tidak menerima beasiswa.

Malang, 04 Agustus 2018
Disarikan dan diambil dari sumber tertentu
Diselesaikan sambil melihat perjuangan Garuda Muda (Indonesia U16 vs Timor Leste U16) 

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN KKN UM SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

SENAM SEHAT AEROBIK UNTUK IBU-IBU PKK DUSUN BAKIR DESA SUKOMULYO KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG LAPORAN PROGRAM KERJA Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang Semester Pendek 2014/2015 Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Penanggungjawab                           Edo Prasetyo                             (FIK/ PKO/2012)                  M. Fauzan Ikramullah               (FIK/ PJK/2012) PUSAT PENGEMBANGAN SUMBERDAYA WILAYAH DAN KULIAH KERJA NYATA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NE...

CONTOH ESSAY LPDP "SUKSES TERBESAR DALAM HIDUP"

SUKSES TERBESAR DALAM HIDUPKU Kesuksesan setiap orang ditentukan oleh gerak langkah orang itu sendiri. Oleh karena itu, pemaknaan atas kata sukses bagi setiap orang akan sangat beragam, bahkan berbeda. Bagi saya, sukses merupakan keberhasilan atas doa dan usaha yang telah dilakukan secara maksimal. Sebagai seseorang yang beragama, langkah saya hingga detik ini merupakan suatu kesuksesan karena itu merupakan kodrat dari Sang Kuasa. Ketika di sekolah dasar, saya dapat pelajaran berharga dari guru kelas saya. Beliau pernah memberi nasihat saat pembelajaran di kelas bahwa sesungguhnya kalian (setiap orang) adalah bersaudara dan wajib saling membantu, jika ada teman yang kekurangan maka bantulah. Membantu sesama adalah suatu kesuksesan dari segi hablum minan nas . Semenjak saat itu, saya dan teman-teman sering belajar bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya ketika perpisahan, kami semua dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata yang baik. Selain itu, alhamduli...

CONTOH ESSAY LPDP "STATEMENT OF PURPOSE"

KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA Saya memiliki prinsip hidup “ sapa tekenan ketekunan bakale ketekan”. Menurut saya, tak ada yang datang dengan sendirinya, semuanya perlu usaha dan ketekunan untuk mendapatkannya. Artinya, segala hal yang dilakukan dengan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dan manfaat. Oleh karena itu, saya akan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan yang diberikan sehingga memberikan secuil kontribusi bagi masyarakat/ lembaga/instansi/komunitas tersebut. Prinsip itu lahir dari hasil penggemblengan lingkungan yang masih memikul budaya gotong-royong. Sebagai contoh, hampir sebulan sekali di lingkunganku di adakan kegiatan kebersihan lingkungan atau saat perayaan hari-hari besar keagamaan ada ritual selametan . Tentu, sebagai warga kami selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat tersebut dan menjunjung adat istiadat yang ada. Selain dalam kegiatan itu, suatu saat saya dan teman-teman remaja diminta oleh takmir untuk membentuk IRMAS (Ikatan Remaja ...